spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Buntut Kekalahan Timnas U-23, Ratusa Netizen Indonesia Banjiri Akun Instagram nasrullo_reff

    FOKUSJabar.id: Kepemimpinan wasit dalam laga Timnas U-23 Indonesia melawan Qatar dalam perdana Piala Asia U-23 2024 menjadi sorotan netizen Tanah Air. Dalam laga yang digelar di Stadion Jassin Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024) tersebut Indonesia harus takluk 2-0.

    Amarah netizen Indonesia tidak bisa dibendung lagi mereka meluapkan kekecewaan dengan memenuhi kolom komentar dari akun instagram wasit Nasrrulo Kabirov yang dianggap tidak bisa memimpin pertandingan dengan adil. 

    Netizen menilai bahwa banyak terjadi keputusan wasit yang sangat kontroversi salah satunya yakni pemberian kartu merah terhadap Ivan Jenner yang tidak seharusnya dilayangkan serta tidak dilakukan cek VAR. 

    Dalam replay yang disiarkan, terlihat dengan jelas bahwa kaki Ivan Jenner tidak sedikitpun menyentuh kaki pemain Qatar. Momen tersebut dimanfaatkan oleh pemain Qatar untuk melakukan drama. Lalu anehnya wasit tidak menimbang keputusan langsung memberikan kartu merah tanpa melakukan cek VAR. 

    Selain itu, goal pertama Qatar melalui titik putih penalti juga menjadi sorotan netizen. Mereka menganggap bahwa itu merupakan penalti ghoib yang diberikan oleh wasit Nasrrulo Kabirov. 

    Pasalnya, proses pemberian hadiah penalti tersebut tidak jelas. Terkesan hanya benturan biasa sehingga saat Rizki Ridho bertabrakan dengan pemain Qatar wasit awalnya tidak menggubris. Namun, karena banyaknya pemain Qatar yang meminta melakukan cek VAR wasit akhirnya melakukan cek VAR. Lalu mengubah keputusan menjadi penalti untuk Qatar. 

    Dalam pertandingan pembuka tersebut netizen juga menyoroti setiap benturan kecil yang dilakukan oleh pemain Indonesia. Yang seharusnya tidak pelanggaran diputuskan pelanggaran. Sebaliknya, jika pemain Qatar melakukan pelanggaran yang sangat jelas wasit justru memberikan keputusan berbeda.

    Keputusan Kontroversi Wasit Timnas U-23 Indonesia vs Qatar

    Keputusan wasit yang mengundang kontroversi tersebut berjalan selama pertandingan. Pada babak kedua justru pelanggaran keras dengan kaki gunting dari pemain Qatar terhadap Witan Sulaiman hanya dihadiahi kartu kuning. 

    Kemudian, menjelang babak kedua berkahir (90+11) timnas Indonesia harus bermain dengan 9 pemain. Karena Ramadhan Sananta mendapatkan kartu kuning kedua. Yang awalnya tidak menggubris setelah diminta melihat VAR oleh pemain Qatar wasit kemudian memutuskan melayangkan kartu kuning kedua. 

    Selain akun instagram wasit Nasrrulo Kabirov, netizen Indonesia juga menyerah seluruh akun yang memiliki hubungan dengan Qatar termasuk akun AFC. 

    Sementara itu, pantauan fOKUSJabar, Selasa (16/4/2024) pasca kekalahan Timnas U-23 oleh Qatar di akun instagram wasit Nasrrulo Kabirov @nasrullo_ref. Sudah banyak netizen yang memenuhi kolom komentar. Tercatat sudah ada sebanyak 600 ribu komentar yang berisi lupan kekesalan dan hujatan terhadap wasit tersebut. 

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img