spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Menjabat Bupati Dengan Kondisi Silang Selimpat, Herdiat Pamit Torehkan Segudang Prestasi Untuk Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berpamitan kepada masyarakat Ciamis. Hal itu disampaikannya dalam pidato usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Mesjid Agung Ciamis (10/04/2024).

    “Saya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyampaikan permohonan maaf dan berpamitan kepada Masyarakat Tatar Galuh Ciamis,” jelas Herdiat.

    Hal tersebut Ia sampaikan seiring dengan akan berakhirnya periode jabatan Herdiat-Yana pada tanggal 20 April 2024 mendatang.

    Herdiat juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah menciptakan suasana aman dan nyaman selama Bulan Suci Ramadhan. Sehingga umat Islam di Tatar Galuh Ciamis melaksanakan ibadah dengan khidmat.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis atas kepercayaannya selama 5 tahun ini. Semoga seluruh masyarakat senantiasa mendapat kesehatan dan rizki yang berkah oleh Allah SWT,” ungkapnya.

    Pada kesempatan tersebut, Herdiat  mengakui masa periode kepemimpinannya belum sempurna. Dengan adanya kekurangan selama masa Ia menjabat Bupati Ciamis.

    Bupati Ciamis Herdiat Sunarya usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Mesjid Agung Ciamis
    Bupati Ciamis Herdiat Sunarya usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Mesjid Agung Ciamis

    Herdiat Pamit Torehkan Segudang Prestasi Untuk Ciamis

    Selama masa kepemimpinan Herdiat-Yana, Ciamis menorehkan segudang prestasi. Dengan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi.

    Meski menjabat pada masa kondisi Silang Selimpat dengan hantaman situasi darurat Global pendemi Covid19 pada awal masa kepemimpinan Herdiat tahun 2019 berdampak buruk bagi perekonomian di sejumlah wilayah Jawa Barat.

    Kemudian menyusul munculnya kebijakan Mitigasi Resiko tahun 2021 dari Kementrian Keuangan dengan penerapan Refokusing anggaran yang melimitasi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk pengelolaan APBD. Hal itu membuat Pemda harus berfikir keras dalam pengaplikasian prioritas pembangunan. Mengingat kondisisi Otonomi setiap Daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

    Namun demikian, indeks perekonomian Ciamis hanya turun di angka (minus) -0,14 persen pada tahun 2020 melalui kontribusi pengelolaan sektor Pertanian yang baik. Kemudian terus meningkat tahun 2021 Lajur Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Ciamis ada di angka 3,66 persen, terus meningkat pada tahun 2022 menjadi 5,02 persen.

    Mengacu pada data BPS dalam Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Ciamis menunjukan grafik meningkat. Pada tahun 2019 IPM Ciamis ada di angka 70,39, kemudian 2020 (71,57), tahun 2021 (72,00). tahun 2022 (72,52), kemudian tahun 2023 IPM Ciamis meningkat pada angka (73,12).

    Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Ciamis pada tahun 2021 ada di angka 5,06 persen. Kemudian menurun pada tahun 2022 pada angka 3,75 persen.

    Anugerah dan Penghargaan

    Terbaru Kabupaten Ciamis menerima anugerah Adipura Kencana. Sebagai pemerintah daerah yang memenuhi kriteria dan berhasil mencapai prestasi tertinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

    Kemudian penghargaan Daerah Jawara Belajar.id dari Kemendikbudristek RI untuk Kategori Kabupaten/Kota. Merupakan penghargaan tertinggi kepada daerah yang telah sukses melaksanakan transformasi pembelajaran di satuan pendidikan.

    Meraih penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominko RI). Sebagai Pemda yang aktif berinovasi dalam sistem informasi dengan pemutakhiran tekhnologi menyesuaikan zaman.

    Perolehan anugerah “Anindhita Wistara Data” Tahun 2023, mengenai kinerja yang baik pada pengelolaan data sektoral.

    Melalui informasi yang dirilis Ciamiskab tercatat hingga saat ini Ciamis telah menerima lebih dari 400 penghargaan.

    Selain itu untuk merangsang perputaran ekonomi masyarakat Pemda Ciamis kerap mendorong penyelenggaraan even untuk pelaku usaha dan berbagai komunitas.

    Bahkan Pemda Ciamis sukses menggelar perhelatan akbar Porprov Jabar tahun 2022. Sebagai tuan rumah, Ciamis berhasil bertengger di 10 besar perolehan mendali. Pesta olahraga se Jawa Barat tersebut juga terbukti merangsang gairah perekonomian di Ciamis.

    Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Mendengarka Keluhan Masyarakat
    Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Mendengarka Keluhan Masyarakat

    Pada konteks pelayanan, Herdiat tak henti dalam setiap kesempatan menegaskan kepada ASN untuk sigap melayani masyarakat. Kemudian tanggap menindaklanjuti laporan masyarakat dari berbagai media. Bahkan Ia sering kali terjun untuk melihat kondisi masyarakat di pelosok daerah Ciamis.

    Untuk infrastruktur, selain pengoptimalan akses Jalan, Ciamis memiliki Stadion Galuh Ciamis yang menjadi salahsatu stadion terbaik di Jawa Barat. Kemudian sirkuit BMX berskala Internasional dan Stadion Atletic berskala Internasional. Lanjut dengan progres pembangunan Sirkuit Roadrace yang kini falam tahapan pembangunan.

    Tentu fasilitas tersebut akan menjadi modal Ciamis untuk masa depan. Menyusul progres Tol Cigatas saat ini sudah masuk tahapan pembangunan. Di wilayah Ciamis akan ada dua Exit Tol.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img