spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Disparbud Jabar Sarankan Warga Liburan ke Cirebon Raya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Objek wisata unggulan di Jawa Barat (Jabar) bakal diserbu para pengujung menjelang libur lebaran 2024. Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan masyarakat bisa berlibur dengan nyaman.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Banchtiar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Pada pelaksanaannya nanti, Disparbud Jabar turut menggandeng Dinas Pariwisata dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dan Stakeholder terkait.

    BACA JUGA: Operasional Sarimukti Libur di Hari Lebaran, Ketua Satgas Siapkan Strategi Pengelolaan Sampah

    “Kami melakukan koordinasi dengan seluruh kepaala dinas sektor pariwisata di Jawa Barat untuk antisipasi lonjakan wisatawan. Ini berdasarkan imabauan Kemenparekraf RI agar mengawasi betul destinasi yang ada, serta menjaga ketertiban dan keamanannya, terutama kebersihannya,” kata Benny, Selasa (9/4/202).

    “Nanti hasilnya akan dilaporkan kepada Kemenparekraf. Maka dari itu, kami akan rapat koordinasi sekaligus memberi arahan dan sosialisasi kepada kabupaten/kota,” tambahnya.

    Mengenai potensi kemacetan di titik wisata favorit, Kadisparbud Jabar mengimbau masyarakat agar memilih destinasi lain. Seperti contohnya kawasan wisata Cirebon Raya agar masyarakat tidak lagi terpusat di wilayah Bandung Raya atau Bogor Raya.

    BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Tinjau Posko Lebaran di Simpang Tol Padalarang

    “Kami sudah koordinasi dengan Dishub dan kepolisian. Kami juga memberikan sosialisasi kepada wisatawan agar mencari alternatif destinasi wisata lain supaya tidak terpusat di Bogor Raya dan Bandung Raya. Ada pilihan lain seperti Cirebon Raya dan Priangan Timur. Banyak sekali destinasi cantik yang bisa memberikan pengalaman tersendiri,” jelasnya.

    Lebih lanjut, ia juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. Sebab sejauh ini kondisi cuaca masih tidak menentu.

    “Pandai-pandai memilih destinasi. Jangan lupa jaga kondisi karena cuaca sangat tidak menentu. Dan yang paling penting jaga ketertiban dan juga jaga kesehatan,” tuturnya.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img