spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Pelajar Hingga Lansia di Ciamis Ikut Pesantren Ramadan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bertajuk ‘Tangguh dalam aqidah khusyu dalam ibadah dan berakhlak karimah’ kegiatan pesantren ramadan di Kabupaten Ciamis resmi dilaksanakan dan dibuka secara langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Gedung Islamic Center, Rabu (20/3/2024). 

    Ratusan peserta dari mulai pelajar tingkat SLTP, SLTA hingga lansia sangat antusias mengikuti kegiatan pesantren ramadhan. 

    Dalam sambutannya, Herdiat mengatakan, kegiatan pesantren ramadan merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap program keagamaan terutama peserta didik dari SLTP, SLTA para senior atau lansia yang dilaksanakan di islamic center dan Masjid Agung Ciamis. 

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta Kades dan Camat Awasi Dampak Kenaikan Harga Bahan Pokok

    “Alhamdulillah peserta diluar perkiraan melebihi kuota yang disediakan pesantren ramadhan ini bisa dilaksanakan berkat kerjasama MUI Kemenag KCD wilayah 13 beserta lembaga lainnya,” kata dia. 

    Menurutnya, pesantren ramadhan juga merupakan bentuk bahwa masyarakat Ciamis betul betul menghargai menikmati bulan ramadhan dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

    Selain itu, Kegiatan tersebut akan memberikan ruang kepada peserta didik dalam menjalankan puasa dengan lebih tenang, bermanfaat dan mendapatkan ilmu agama serta budi pekerti. 

    “Berkumpulnya peserta didik memberi pelajaran silaturahim dan interaksi sebagai modal sosial dan para senior di usia yang sudah senja masih semangat dalam mendekatkan diri kepada allah SWT,” ucapnya. 

    Pemkab Ciamis terus berupaya membangun karakter yang merupakan bagian dari kesadaran akan pentingnya pendidikan agama sebagai bekal di masa yang akan datang serta sebagai solusi untuk meminimalisir akhlak yang tidak baik menjadi baik. 

    “Bulan penuh berkah ini saya secara pribadi atas nama pemda mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa 1445 H dan selamat mengikuti pesantren Ramadhan,” tukasnya. 

    Kemudian, dalam kesempatan itu menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat mengucapkan selamat tinggal dan terimakasih atas suport, doa dan dukungan masyarakat Ciamis. 

    “Sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf tentu banyak sekali kekurangan, kelemahan selama kami menjalankan tugas sebagai bupati dan wakil bupati Ciamis,” pungkasnya. 

    Sementara itu, panitia penyelenggara pesantren ramadan Wawan menjelaskan bahwa kegiatan itu diikuti oleh pelajar SLTA sebanyak 150 orang yang dilaksanakan pada, 19-21 Maret di Islamic Center, SLTP 100 orang pada tanggal 22-23 Maret serta tingkat lansia sebanyak 125 orang pada 23-25 Maret di Masjid Agung Ciamis. 

    “Muda mudahan tahun mendatang bisa ditambah lagi dengan jumlah sesuai peminat kegiatan ini merupakan hibah Pemkab kepada MUI ciamis. Kami juga mendapat bantuan 400 mushaf alquran yang nanti akan dibagikan simbolis oleh Bupati,” kata dia. 

    BACA JUGA: Pemkot Banjar Gelar Pasar Murah, Masyarakat Incar Beras Premium

    Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Usep Saepudin Muhtar mengatakan, kegiatan itu merupakan hasil kolaborasi, koordinasi yang baik antara pemkab dengan MUI, DKM masjid juga kementerian Agama. 

    “Kami Kemenag ciamis mengapresiasi kegiatan pesantren ramadhan ini mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap ramadhan serta berfaedah dan menjadi keberkahan sesuai dengan tema,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img