spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Warga Binaan Lapas Banjar Fokus Ibadah di Bulan Ramadan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pada Ramadan tahun ini, warga binaan yang ada di Lapas Banjar berupaya meningkatkan ibadahnya selama bulan puasa.

    Malam pertama memasuki bulan Ramadan 1445 H, warga binaan muslim di Lapas Kelas IIB Banjar antusias mengikuti salat tarawih berjamaah.

    Salat tarawih di Masjid Baiturrahman Al-Munibin Lapas Banjar itu diatur secara bergantian setiap blok dan dilaksanakan sampai pukul 21.00 WIB.

    BACA JUGA: Selama Ramadan Pemkot Banjar Larang Warung Nasi Buka di Siang Hari

    Kepala Lapas Banjar, Amico Balalembang menjelaskan bahwa pihaknya telah menyusun berbagai kegiatan selama bulan Ramadan.

    Kegiatan ini tentunya berpedoman pada Surat Edaran Direktur Jenderal

    Pemasyarakatan Nomor : PAS-356.PK.08.05 TAHUN 2024 Tanggal 28 Februari 2024 Hal Peningkatan Kewaspadaan Selama Kegiatan Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1445 H/ 2024 M.

    “Kami berkomitmen penuh untuk adakan layanan pemasyarakatan berjalan

    sebagaimana ketentuan dengan tidak mengurangi kekhidmatan dan kelancaran ibadah di Bulan Ramadan,” katanya, Kamis (14/3/2024).

    “Pelaksanaan sahur kami pastikan makan sahur sudah kami antarkan ke kamar masing-masing warga binaan pada pukul 03.00 Wib setiap harinya,”sambungnya.

    Pada pagi harinya warga binaan dijadwalkan melaksanakan kegiatan pesantren ramadan dan malam harinya melaksanakan salat tarawih dan tadarus.

    Lebih lanjut Amico menuturkan bahwa program pembinaan kepribadian dan kemandirian berjalan seperti biasa.

    Salah satunya saat ini warga binaan juga sedang mengikuti pelatihan bersertifikasi dibidang Mebeler yang dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar.

    Dalam aspek keamanan, sertakan petugas dalam seluruh kegiatan amaliah Ramadan seperti buka puasa, tarawih, tadarus, makan sahur, pesantren kilat, sehingga selalu terawasi dan tercipta suasana yang khidmat dalam pelaksanaan ibadah bulan suci Ramadan.

    BACA JUGA: Mak Ecin Warga Banjarsari Ciamis Menangis ingat Ridwan Kamil

    Pelayanan kunjungan tatap muka kami tetap operasional seperti biasa, pada sore harinya dimulai pukul 15.00 WIB s.d 17.00 WIB.

    “Kami telah membentuk tim layanan penitipan makanan yang bertugas melayani keluarga warga binaan yang memberikan makanan untuk warga binaan,” pungkasnya. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img