spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Floorball Jabar Siap Berprestasi di PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) Jawa Barat bertekad meraih prestasi medali emas pada gelaran PON XXI tahun 2024 meski hanya dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pengprov AFI Jabar, Zaenal Arifin saat ditemui usai pelaksanaan rapat kerja (raker) di salah satu cafe di Kota Bandung, Jumat (8/3/2024) malam.

    Floorball memang belum menjadi cabang olahraga resmi di PON XXI nanti, baru eksebisi. Tapi kami bertekad untuk meraih medali emas,” kata Zaenal kepada wartawan, Jumat (8/3/2024) malam.

    Zaenal mengaku, Jabar memiliki potensi besar untuk bisa meraih medali emas pada gelaran eksebisi PON XXI tersebut. Pasalnya, Jabar memiliki sumber daya atlet yang cukup baik dan mumpuni.

    “Bahkan kami memiliki sekitar 8 atlet putra dan putri yang sudah mengikuti pertandingan level internasional. Jadi target medali emas di PON XXI bukan hal yang mustahil dan semoga di PON mendatang tahun 2028 bisa menjadi cabang olahraga resmi,” kata dia.

    Untuk persiapan tim, Zaenal mengaku para atlet sudah melakukan latihan sejak awal tahun 2024. Pihaknya akan mulai melakukan latihan intensif dalam persiapan menuju PON XXI di bulan April 2024 pasca Lebaran.

    “Untuk Asosiasi Floorball Indonesia baru tebentuk di 9 provinsi dan untuk eksebisi PON XXI direncanakan diikuti oleh sekitar 12 provinsi,” Zaenal menambahkan.

    fokusjabar.id floorball Jabar PON XXI
    Raker Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) Jawa Barat 2024. (FOTO: Istimewa)

    Sementara raker AFI Jabar 2024 pun membahas berbagai program kerja yang akan dilakukan AFI Jabar kedepan. Berdiri sejak tahun 2021, AFI Jabar sudah melakukan berbagai eksebisi dan pertandingan sebagai upaya pembinaan atlet sekaligus mensosialisasikan olahraga yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia.

    “Dalam tiga tahun ini, AFI Jabar sudah terbentuk di 8 kota dan kabupaten di Jabar. Di tahun 2024 ini, kami akan berupaya agar floorball lebih dikenal dan memiliki kepengurusan di seluruh kota kabupaten di Jabar,” kata Zaenal.

    Untuk lebih mengenalkan olahraga floorball di Jabar, Zaenal mengaku akan lebih mengintensifkan pertandingan-pertandingan sert kejuaraan di tahun 2024. Selain itu, olahraga floorball akan diupayakan menjadi salah satu olahraga ekstrakurikuler di berbagai sekolah di Jabar.

    “Floorball ini olahraga yang menarik, menyenangkan dan aman. Sangat cocok bagi semua usia. Dan di tahun 2024 ini, kita akan upayakan floorball sebagai olahraga ekstrakurikuler di sekolah-sekolah sehingga regenerasi atlet terus berjalan,” kata dia.

    fokusjabar.id floorball Jabar PON XXI
    Raker Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) Jawa Barat 2024. (FOTO: Istimewa)

    Floorball merupakan cabang olahraga (cabor) yang tergolong baru berkembang di Indonesia. Namun cabor ini sudah sangat terkenal di beberapa negara di Eropa seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss.

    Olahraga floorball masuk ke Indonesia melalui negara tetangga seperti Singapura dan Australia. Induk cabor floorball di Indonesia adalah AFI yang terbentuk pada tahun 2009, dan langsung diterima sebagai anggota sementara federasi internasionalnya (IFF) di tahun yang sama.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img