spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Maung Bandung kontra Macan Kemayoran Tanpa Bobotoh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Laga kandang Maung Bandung kontra Persija Jakarta pada pekan ke-28 kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024) dipastikan digelar tanpa penonton.

    Pertandingan bergengsi tersebut terpaksa digelar tanpa penonton. Pasalnya upaya banding Maung Bandung ditolak oleh Komite Banding PSSI.

    BACA JUGA:

    H-2 Jelang kontra Persija, Persib Bandung Tunggu Hasil Banding

    Surat bernomor 008/KEP/KB/BRI-LIGA 1/III/2024 Tentang Banding Atas Sanksi Disiplin Terhadap Klub Persib Bandung baru diterima Manajemen Persib, Jumat (8/3/2024).

    Komite Banding PSSI memutuskan menolak permohonan dan alasan banding Persib nomor 05/DIR-PBB/III/2024 tertanggal 3 Maret 2024 serta menguatkan Keputusan Komite Disiplin PSSI Nomor: 191/L1/SK/KD-PSSI/III/2024 tertanggal 1 Maret 2024.

    Dalam pertimbangannya pada poin 5, Komite Banding PSSI memperoleh adanya fakta hukum pada tanggal 27 Februari 2024 di luar perimeter stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung telah terjadi kerusuhan antara suporter Persib Bandung dan PSIS Semarang setelah selesai pertandingan.

    Kemudian pada poin 7, Komite Banding PSSI menyebutkan bahwa meskipun terjadinya kerusuhan tersebut tidak dapat dilepaskan dari kehadiran suporter PSIS Semarang.

    Tetapi suporter Persib Bandung yang bentrok dengan melakukan kerusuhan terhadap suporter PSIS Semarang tidak dapat dijadikan pembenaran atas pelanggaran yang dilakukan oleh suporter PSIS Semarang.

    Dengan kata lain, kesalahan suporter PSIS Semarang tidak menghapus kesalahan suporter Persib Bandung.

    Manajemen Persib sangat menyayangkan keputusan tersebut. Pasalnya, pertandingan bergengsi menghadapi Persija Jakarta harus digelar tanpa penonton.

    “Tentu saja kami sangat menyayangkan keputusan dari Komite Banding PSSI. Kami juga mengecam tindakan oknum-oknum suporter yang tidak bertanggung jawab karena sangat merugikan. Bukan hanya Persib, tetapi Bobotoh yang antusias ingin menyaksikan pertandingan ini,” tulis Persib salam keterangannya.

    BACA JUGA:

    Stefano Beltrame Antusias Hadapi Persija Jakarta

    “Namun sebagai klub profesional dan juga salah satu peserta kompetisi Liga 1, Persib wajib mematuhi dan menghormati keputusan yang telah diambil oleh Komite Banding PSSI,” tambahnya.

    Manajemen Persib mengimbau agar seluruh penonton tidak datang ke Stadion Si Jalak Harupat saat laga menghadapi Persija.

    Semua pihak harus sama-sama menjaga agar pertandingan tersebut dapat berjalan dengan penuh sportivitas dan kondusif.

    Selain itu, untuk menghindari potensi munculnya sanksi yang lebih berat untuk Persib dan juga Bobotoh.

    “Kita semua berharap, peristiwa yang terjadi pada pertandingan Persib vs PSIS Semarang menjadi pelajaran agar tidak terulang kembali di kemudian hari,” jelasnya.

    BACA JUGA:

    Persib vs Persija, Ini Pesan Bojan Hodak untuk Rezaldi Hehanusa

    “Persib juga sangat mengapresiasi para Bobotoh yang tetap menunjukan rasa cinta dan dukungannya dengan menyaksikan pertandingan dari rumah. Atau hadir langsung di acara Nobar resmi yang telah tersedia di sejumlah lokasi strategis,” tegasnya.

    (Arif/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img