spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Solve Education! dan Henkel Indonesia Sukses Selenggarakan Program Belajar Digital Inovatif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Solve Education! menggandeng Henkel Indonesia menyelenggarakan Program Belajar Digital bertemakan “Belajar Anti Bosan di Era Digital”.

    Program telah dilaksanakan dilaksanakan di 17 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tersebar di Kota Bandung, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sukabumi, serta diikuti oleh lebih dari 4.000 murid sejak Juli hingga Oktober 2023.

    Kegiatan tatap muka berlangsung di salah satu sekolah yaitu SMAN 1 Cicurug Kab. Sukabumi dengan melibatkan 50 murid dengan prestasi belajar tertinggi dari SMAN 1 Cicurug dan 9 relawan dari Henkel Indonesia.

    Head of Finance of Henkel Indonesia, Setiadi Sutanto mengatakan, kegiatan ini dikemas menarik agar murid-murid dapat belajar dengan cara yang menyenangkan lewat aktivitas interaktif dan tantangan belajar (learning challenge).

    Program yang berjalan hingga selesai di Oktober 2023 telah memberikan insentif belajar bagi murid-murid dengan kompetisi-kompetisi menarik seperti Tantangan Belajar Mingguan dan Kompetisi Antar-Kelas berupa Beasiswa, paket data internet, dan bantuan belajar lainnya untuk mendukung proses belajar para peserta program. 

    Corporate Social Responsibility (CSR) Solve Education! dan Henkel Indonesia juga meluncurkan program inovatif yang menggabungkan inovasi teknologi platform belajar digital berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Solve Education! Foundation, Ed the Learning Bot (Ed), dengan rangkaian program belajar yang menyenangkan dan berkelanjutan.

    BACA JUGA: Satpol PP Kota Bandung Siap Antisipasi PKL Musiman Saat Ramadhan

    Dengan mengintegrasikan kurikulum dari Aflatoun International dan Bursa Efek Indonesia ke dalam platform belajar digital milik Solve Education!, Ed the Learning Bot (Ed), siswa dapat mengakses informasi terkait literasi keuangan dasar, keterampilan prakerja, matematika, dan pengenalan pasar modal dalam format yang interaktif dan menarik.

    “Kami termotivasi untuk menciptakan lebih banyak sinergi dengan Solve Education! dan berharap untuk melanjutkan dukungan kami bagi para siswa. Inisiatif digital ini sejalan dengan tujuan Henkel untuk membuat pendidikan lebih mudah diakses bagi anak-anak, dan kami senang bahwa program ini telah memberikan manfaat bagi mereka,” ujarnya belum lama ini.

    Direktur Solve Education!, Talitha Amalia, menekankan pentingnya kerjasama ini dalam pemberdayaan generasi muda.

    Program ini dirancang secara khusus agar para siswa dapat mengakses informasi mengenai  berbagai kursus termasuk literasi keuangan dasar, keterampilan prakerja, matematika, dan pengenalan pasar modal secara mudah dan gratis melalui Ed the Learning Bot, baik pada versi situs web maupun Telegram.

    “Seluruh siswa yang terlibat dalam program ini memiliki antusiasme tinggi yang ditunjukkan dengan keterlibatan mereka dalam berbagai sesi dan diskusi yang diselenggarakan,” jelasnya.

    Kepala Sekolah SMAN 1 Cicurug, Nurjaka berharap kerjasama ini tidak berhenti di program yang sudah berlangsung saja.

    Murid SMAN 1 Cicurug, Daniel menyebut, murid yang berpartisipasi menyambut program belajar digital ini dengan penuh antusias, seperti yang disampaikan oleh Daniel,

    “ Ada lomba yang seru sekali, yaitu treasure hunt dimana kita berkelompok (dan) diajarkan mengenai banyak hal sambil mengumpulkan bintang. Kami juga belajar mengumpulkan poin lewat edbot.ai dan banyak sekali hadiah yang kami terima. Hal ini yang membuat saya kembali semangat dalam belajar,” ujarnya.

    Daniel juga berhasil memenangkan Ed Learning Challenge dan mendapatkan hadiah insentif pendidikan untuk mendukung proses pembelajarannya.

    Antusiasme yang sama juga dirasakan oleh murid SMAN 1 Parungkuda, Syahrah.

    “Saya mendapatkan banyak ilmu yang saya tidak pelajari di sekolah dengan belajar di edbot.ai. Belajar di edbot.ai juga menyenangkan serta menambah pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang luas.”

    Solve Education! dan Henkel Indonesia berharap agar program ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai pendidikan keuangan dasar, keterampilan prakerja, serta kemampuan penting dalam menangani tantangan finansial dan persiapan menghadapi dunia kerja di masa mendatang. *

    Henkel Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di industri perekat yang berasal dari Jerman. Henkel Indonesia memiliki kantor pusat dan Southeast Asia Regional Innovation Center di Bintaro, Tangerang Selatan dan dua pabrik di Tangerang dan Pasuruan.
    Dalam bisnis perekat, Henkel Indonesia merupakan pemimpin pasar di berbagai industri seperti otomotif, konsumsi, mebel, makanan dan minuman, pengemasan, alas kaki/sepatu, dan industri lainnya secara umum.

    Solve Education! adalah organisasi nirlaba   yang berkomitmen untuk membantu anak-anak dan remaja di seluruh dunia, khususnya yang tidak bersekolah atau merasa pendidikan tradisional yang diterima kurang efektif.

    Melalui pendekatan inovatif, Solve Education! mengembangkan platform belajar berbasis gim untuk membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

    Tim Solve Education! terdiri dari ahli pendidikan, ahli teknologi, guru, dan eksekutif bisnis berpengalaman yang memiliki komitmen kuat untuk mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia.

    Solve Education! telah mendapatkan berbagai penghargaan dari tahun ke tahun termasuk Finalis Next Billion EdTech 2019, Semifinalis Innovate for Good Challenge, Pemenang Future Makers 2017, dan Finalis Top 3 Global Learning Challenge 2017.

    Di tahun ini Solve Education! menerima dana hibah dari Work Together Foundation, AVPN, Lenovo, dan Union Bank of Switzerland sebagai bentuk kepercayaan komunitas terhadap komitmen kami dalam upaya bersama membangun bangsa melalui pendidikan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img