spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Lantik PCNU Kota Tasikmalaya, PB NU Minta Pengurus Mampu Mempersatukan Umat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id :  Ketua dan para anggota Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) masa bhakti 2023-2028 akhirnya resmi dilantik.

    Proses pelantikan digelar di Gedung Sukapura Tasikmalaya, Komplek Olahraga Dadaha Kota Selasa (27/02/24), langsung oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ulil Abshar Abdalla, yang dimulai dengan pengucapan janji dan sumpah yang diikuti seluruh pengurus dan anggota yang dilantik.

    Dalam pelantikan tersebut, dihadiri sejumlah Pejabat diantaranya Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, Kapolres Tasikmalaya AKBP Joko Sulistiono. Kemudian hadir juga nggota DPRD Jawa Barat Soleh Oleh, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ketua PWNU Provinsi Jawa Barat Juhadi Muhammad. Hadir juga sejumlah Ketua Organisasi Islam lainnya.

    Kali ini, Kepengurusan PCNU Kota Tasikmalaya periode 2023-2028, dinahkodai Dudu Rohman, yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Tasikmalaya.

    Usai melantik, Pengurus Besar NU Pusat Ulil Abshar Abdalla mengatakan, kiprah PCNU Kota Tasikmalaya harus dirasakan oleh semua pihak. Sehingga keberadaannya mampu memberikan kebermanfaatan dan kemaslahatan bagi semua umat.

    “Fungsi organisasi ini yakni keberadaannya dapat dirasakan oleh semua orang. PCNU tidak hanya dirasakan oleh para pengurus dan anggotanya, namun juga dirasakan oleh setiap umat karenanya. Kemudian bekerjalah untuk kemaslahatan dan keberkahan untuk semua,”ungkap Ulil Abshar Abdalla kepada wartawan Selasa (27/02/24) 

    Ia menjelaskan, Tasikmalaya ini dikenal dengan daerah dimana warganya hidup dalam suasana religius islami. Untuk itu organisasi PCNU harus mampu menjaga dan merawat suasana religius penuh keharmonisan ini.

    “Dalam pergerakannya, pengurus NU Kota Tasikmalaya tentu harus menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan dan kasih sayang. Termasuk membangun sinergitas dengan berbagai ormas keagamaan lainnya demi keharmonisan dan kemajuan Kota Tasikmalaya,”ujarnya.

    Pengurus PCNU Kota Tasikmalaya Harus Bekerja Keras Mewujudkan Visi dan Misi Organisasi

    Gus Ulil sapaan akrabnya mengingatkan para pengurus PCNU Kota Tasikmalaya senantiasa menjaga nama baik. Kemudian bekerja keras demi mewujudkan visi misi organisasi kedepan.

    “Nahdlatul ulama merupakan organisasi terbesar di negeri ini, yang didalam dihuni para kiyai dan ulama. Yang memiliki peran mempersatukan dan meningkatkan kesalehan umat. Demi mewujudkan kedamaian umat, dan tentu tidak terlibat dalam politik identitas yang dapat memecah belah umat dan bangsa,”terangnya.

    Ia menambahkan, ciri khas NU yang memiliki jiwa dan sikap moderat, ini harus terus diperkuat. Para pengurus dengan peneguhan komitmen menjaga konsensus kebangsaan.

    “PCNU Kota Tasikmalaya diharapkan mampu membangun kolaborasi dengan siapapun. Termasuk pemerintah untuk membangun umat, tetap mengutamakan dan mendahulukan kemaslahatan dan kepentingan umat,” pungkasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img