spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Bawaslu Ciamis Minta Masyarakat Tenang Tunggu Hasil Resmi KPU

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis meminta masyarakat untuk tenang dan bersabar menunggu hasil penghitungan akhir suara Pemilu baik Presiden maupun Legislatif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena saat ini masih dalam proses belum berakhir. Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis Jawa Barat Jajang Miftahudin.  Jumat (16/2/2024).

    Baca Juga : Hasil Quick Count LSN: Suara PDI-P Merosot, Namun Berhasil Ciptakan Hattrick

    Jajang mengatakan, memang benar saat ini ramai di sejumlah plafon media sosial atau grup what app mengenai dugaan kecurangan di suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Ciamis Jawa Barat dan keluhan terhadap Sistim Informasi Rekapitulasi (Sirekap) tapi belum ada laporan resmi nya ke Bawaslu.

    ” Kalau memang ada suatu kejadian kecurangan laporkan ke Bawaslu nanti kami akan telusuri laporan itu,”katanya.

    Jajang menuturkan,supaya laporan dugaan kecurangan tersebut ditindaklanjuti harus jelas siapa yang melaporkan. Kemudian kejadiannya di mana serta kronologisnya seperti apa agar bisa memenuhi persyaratan formil sehingga laporan itu jelas faktanya.

    “Untuk laporan silahkan datang ke Bawaslu dan sampaikan permasalahannya apa sehingga kami bisa menindaklanjuti laporan itu,” ucapnya.

    Jajang melanjutkan, soal hasil perhitungan suara serahkan saja KPU untuk bekerja. Sebagai masyarakat harus sabar menunggu hasil sidang pleno terakhir yang memutuskan hasil dari penghitungan suara Pemilu 2024 tersebut.

    ” Hasil Sirekap bukan penentu suara. Tapi rapat Pleno hasil penghitungan secara manual dari jenjang TPS sampai Pusat yang menjadi keputusan akhir KPU ,”jelasnya.

    Jajang meminta, kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk selalu menjaga kondusifitas dan terus mengawal hasil penghitungan suara sampai akhir.

    ” Yang penting bagi masyarakat dalam kondisi saat ini harus selalu menjaga kondusifitas, “ungkapnya Ketua Bawaslu Ciamis.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img