spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Selain Penampungan Air, PJ Wali Kota Sebut: Kolam Retensi Margahayu Raya Dapat Jadi Ruang Publik Baru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, Kolam Retensi Margahayu Raya dibangun sebagai upaya menekan potensi banjir di wilayah Margahayu Raya dan Ciwastra.

    “Poin penting bahwa secara geografis, Kota Bandung memang tempat nampung air. Jadi salah satu upaya yang bisa dilakukan bagaimana kita membuat tempat parkir air atau kolam retensi,” kata Bambang saat meninjau langsung Kolam Retensi di Kelurahan Sekejati¬† Kecamatan Buah Batu Kota Bandung Jabar Senin (29/1/2024).

    BACA JUGA:

    Temui Pendukungnya, Politisi PKS Kota Tasikmalaya, Janji Realisasikan Kebutuhan Masyarakat

    Bambang menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam upaya pengendalian banjir ini telah menghadirkan 11 kolam retensi di kota Bandung.

    “Kolam retensi Margahayu dapat menampung 2.400 meter kubik. Ini cukup besar. Paling tidak bisa membantu mengurangi adanya genangan air di wilayah Margahayu dan Ciwastra. Kolam retensi tentu hadir untuk kepentingan masyarakat,”ucapnya.

    Menurutnya, kehadiran kolam retensi di Kota Bandung ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air semata. melainkan bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai ruang publik.

    BACA JUGA:

    Ubah Sampah Jadi Berkah, Caleg PDI Perjuangan Kampanyekan Ekonomi Hijau

    “Kolam retensi ini juga didesain sebagai ruang publik yang digunakan masyarakat berkumpul, atau anak-anak bermain.Jadi bukan hanya fungsi sebagai parkir saja. Jadi, manfaat dari seluruh aspeknya harus maksimal.

    Oleh karenanya kami akan terus berkoordinasi, dan kami optimis kolam retensi ini dapat diresmikan dalam waktu yang tidak terlalu lama,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img