spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Hadiri Debat Terbuka DKK PBB soal Gaza, Menlu Retno Bakal Bela Palestina!

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi tiba di New York, Amerika Serikat (AS) untuk membela Palestina dengan menghadiri debat terbuka di Dewan Keamanan PBB.

    “Selama berada di New York, saya akan lakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah menteri luar negeri asing dan hadir dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB mengenai Gaza,” tulis Retno, dalam akun Instagram-nya @retno_marsudi, Senin (22/1/2024).

    Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Mansury, yang memimpin delegasi Indonesia di KTT Gerakan Non Blok (GMB) di Uganda, mengajak agar GNB bersatu mewujudkan gencatan senjata di Gaza.

    Saat ini, terdapat lima anggota GNB yang menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB, yang diharapkan dapat membantu menyuarakan posisi bersama GNB terkait Palestina.Selain di pertemuan utama KTT GNB, Pahala juga bertemu dengan Menlu Palestina dan Menlu Afrika Selatan terkait isu Palestina.

    BACA JUGA: Penampilan “Buruk” Gibran Menurunkan Simpati Terhadap Paslon 02

    Pahala menegaskan dukungan Indonesia bagi perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai solusi jangka panjang dan kemerdekaan.Indonesia juga mendukung gugatan Afrika Selatan terhadap Israel di International Court of Justice (ICJ). 

    Pada kesempatan itu, Pahala menggarisbawahi pentingnya semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung sebagai spirit negara berkembang untuk mewujudkan kemerdekaan, keadilan, kesetaraan, dan pembangunan. 

    “Semangat inilah yang harus selalu jadi inspirasi GNB dalam menghadapi berbagai tantangan global, terutama dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Palestina dan menjaga kepentingan negara berkembang,” kata Pahala dalam keterangan tertulisnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img