spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Tinju Jabar Boyong 3 Emas dari Kejuaraan Internasional di Malaysia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Atlet tinju Jawa Barat berhasil mencatatkan prestasi pada kejuaraan internasional bertajuk ‘Kejohanan Tinju Pesta Pulau Penang Tahun 2023’ yang digelar di Pulau Penang, Malaysia, 11-15 Desember 2023. Dari 5 atlet yang dikirim, Jabar berhasil meraih 3 medali emas.

    Manager tim Sri Utami Astuti mengatakan, kejuaraan tinju internasional tersebut mempertandingkan untuk kategori usia 17-20 tahun. Sedangkan nomor yang dipertandingkan sebanyak 12 kelas pertandingan.

    “Jabar mengirim 5 atlet yakni Marcelo Surati, Febrian Alfares, Kristian Enoni Telaumbanua, Abdal Jabil amis, dan Gilbert Natanael Surati. Para atlet didampingi satu orang pelatih yakni Martin Surati,” kata Sri saat dihubungi melalui telepon selularnya, Sabtu (16/12/2023).

    fokusjabar.id tinju Jabar
    (FOTO: Istimewa)

    Dari lima petinju yang diturunkan, lanjut dia, Jabar berhasil meraih tiga medali emas. Yakni dari kelas 48 kg atas nama Marcelo Surati. Petinju asal Kota Bekasi itu mengalahkan juara Pra PON XXI asal Maluku Utara, Paenel Jones Tahumil di laga perdana, lalu petinju Srilanka, Salman Faris di semifinal, dan mengalahkan petinju Penang Malaysia, M. Mukhriz Khan di babak final.

    fokusjabar.id tinju Jabar
    (FOTO: Istimewa)

    Medali emas kedua disumbangkan petinju asal Ciamis, Abdal Jabil Camis yang berlaga di kelas 57 kg. Abdal melakoni tiga laga untuk menjadi yang terbaik dengan mengalahkan MD Aiman Hakim (Malaysia), Paulus Berto (Kepri), dan Chring Wangdi Sherpa (Nepal).

    fokusjabar.id tinju Jabar
    (FOTO: Istimewa)

    Lalu medali emas ketiga disumbangkan Gilbert Nathanael Surati usai melakoni tiga laga di kelas 60 kg. Di laga pertama, Gilbert mengalahkan M. Farihin Muzil (Johor Malaysia), lalu Sulab Mali (Nepal), dan Yasidu Premaratne (Srilanka) di partai puncak.

    “Jadi hanya Kristian Enoni yang bertanding di kelas 54 kg dan Febrian Alfares di kelas 51 kg yang gagal menyumbangkan medali,” Sri menambahkan.

    Selain Jabar, beberapa provinsi lain mengirimkan atletnya pada kejuaraan tinju internasional tersebut. Yakni Maluku Utara, Aceh, Kepulauan Riau, dan Banten.

    “Dari empat provinsi lain yang mengirimkan atletnya di turnament tersebut, Jabar menjadi peraih medali emas terbanyak. Maluku Utara meraih 1 emas dan 1 perak, lalu Aceh dengan 1 perak dan 2 perunggu, Kepri meraih 1 perunggu, sedangkan Banten tidak meraih medali,” kata Sri.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img