spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Agun Gunandjar Tekankan Pembinaan Digitalisasi Untuk Mahasiswa Unigal

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional Silaturahmi Administrasi Publik Jawa Barat (SIAP Jabar) yang bertemakan “Collaborative Governance Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), Anggota DPR RI Agun Gunandjar tekankan pembinaan terhadap mahasiswa di era digital. 

    Seminar yang dilangsungkan di Auditorium Universitas Galuh Ciamis, Kamis (14/12/2023) itu bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswanya di era digital. Para mahasiswa yang mengikuti seminar akan mendapatkan sertifikat resmi. 

    Agun yang juga merupakan pembina yayasan pendidikan Galuh mengatakan bahwa disamping menjadi narasumber kegiatan tersebut juga merupakan kewajibannya sebagai wakil rakyat untuk membina mahasiswa di era digital. 

    BACA JUGA: Kebakaran di Cisaga Ciamis, 1 Orang Tewas Terpanggang

    “Para mahasiswa di era digital ini harus dipersiapkan, soal SDGs itu menjadi penting karena bumi sudah keropos diatasnya berdiri bangunan, perubahan iklim mengharuskan setiap orang berpikir untuk melakukan digitalisasi,” kata dia. 

    Menurutnya, digitalisasi itu bisa terwujud jika disiapkan oleh kolaboratif governance dari seluruh pemangku kebijakan dan kampus juga di era digital ini bisa maju jika berkolaborasi dengan civil society dengan masyarakat sekitar. 

    “Dagang tidak perlu lagi pakai warung, kirim uang sudah caseless, ini sesuatu yang menurut saya harus dipersiapkan oleh karena itu perlu adanya kolaborasi dengan Pemda makannya hari ini saya menjadi narasumber untuk mendorong hal itu,” ucapnya. 

    Untuk meningkatkan digitalisasi menjadi lebih mobile Agun berencana akan melakukan kolaborasi dengan Universitas besar yang ada di Jawa Barat dengan tujuan mahasiswa Unigal mempunyai kemandirian di era digital. 

    “Kedepan itu lapangan pekerjaan akan berubah, tidak akan banyak jumlah polisi di jalan, semua pakai CCTV, warung-warung juga mungkin tidak akan banyak lagi akan redup, semuanya sudah serba digital, dagang, ini menuntut inovasi bagi para mahasiswa ti sendiri, jadi jangan lagi berpikir jadi ASN, jadi tentara,” jelasnya. 

    BACA JUGA: Agun Gunandjar: Pemberian Ambulance Untuk Warga Kota Banjar Hasil Kerja DPR RI Komisi XI

    Dalam kesempatan itu Agun menilai gunung sawal yang memiliki sejarah panjang bisa dibangun, dan dijadikan sebagai pusat budaya, pusat ekonomi, yang bisa membawa tujuan SDGs. 

    “Dengan cara apa kita bisa memanfaatkan gunung sawal itu, kedepan akan saya bikin program, bisa Eko Wisata, karya-karya seperti apa, kita libatkan mahasiswa ITB, mahasiswa UKB, yuk, rembuk, biaya yang dari mana kita harus berkolaborasi,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img