spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Dongkrak Partisipasi Masyarakat, KPU Ciamis Gelar Roadshow Sosialisasi Pemilu di 6 Dapil

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mulai gencar melaksanakan sosialisasi Pemilu.

    Kali ini, KPU Ciamis melaksanakan jisosialisasi pemilu di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing tepatnya di GOR Miftahussalam, Selasa (12/12/2023).

    BACA JUGA: Warga Bolenglang Ciamis Berhasil Menangkap Ular Sanca

    Bertajuk ‘Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa’ sosialisasi itu diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Dapil 6 yang meliputi Kecamatan Pamarican, Cidolog, Cimaragas, Cijeungjing dan Kecamatan Baregbeg.

    Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Ciamis Muharam Kurnia Drajat mengatakan, kegiatan sosialisasi itu merupakan rangkaian sosialisasi yang dilakukan KPU di 6 dapil di Ciamis.

    BACA JUGA: Harga Ikan Laut Segar di Pasar Ciamis Naik

    “Sasaran sosialisasi PPK dan PPS agar menambah pengetahuan mereka seputar pemilu selain itu kami juga menghadirkan narasumber dari kesbangpol, kejari serta akademisi,” kata dia.

    Dia menjelaskan bahwa saat ini KPU Ciamis sudah melakukan sosialisasi pemilu di 4 Dapil dari jumlah 6 dapil di Ciamis. Kegiatan itu merupakan roadshow sosialisasi KPU.

    “Kita melakukan sosialisasi di 6 dapil. Saat ini kita sudah melakukannya di dapil satu, dua, tiga dan enam. Rencananya hari Rabu akan sosialisasi di dapil 5 dan Kamis dapil 4,” ungkapnya.

    Muharam mengungkapkan bahwa tujuan dari sosialisasi itu yakni sebagai pendidikan politik dan menambah partisipasi kepemiluan untuk PPK dan PPS.

    Selain itu, dengan sosialisasi itu diharapkan para PPK dan PPS bisa mengedukasi masyarakat agar partisipasi mereka dalam pemilu 2024 meningkat.

    “Tentunya target kita di 2024 lebih tinggi dari 2019 yang hanya ditargetkan 75 persen oleh KPU pusat, tahun 2024 kita ditargetkan partisipasi masyarakat meningkatk menjadi 82 persen. Di Ciamis kita menargetkan 85 persen,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img