spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Panwascam Bojongsoang Pastikan Kesiapan Hadapi Kampanye

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Bojongsoang, Kabupaten Bandung Djaja Sutisna memastikan kesiapannya menghadapi masa kampanye serentak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

    Demikian disampaikan Djaja di Kantor Panwascam Bojongsoang, Jalan Cigebar, Desa Bojongsari, Kabupaten Bandung, Selasa (5/12/2023).

    “Sesuai imbauan Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, setiap Panwascam diarahkan untuk mengamankan dan melancarkan proses tahapan masa kampanye menuju Pemilu,” kata dia.

    Hal itu penting agar pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman. Sehingga Panwaslu harus memastikan konsesus tersebut. Pihaknya memastikan bahwa Kecamatan Bojongsoang dengan enam desa yang terus berkembang dengan kemajemukan masyarakatnya akan menghadapi masa kampanye dengan kedewasaan.

    BACA JUGA: Panwascam Baleendah Siap Kawal Logistik Sesuai Aturan

    “Tentunya ini akan bisa menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing,” kata Djaja.

    Dia berharap seluruh pihak yang terlibat dalam kampanye, terlebih para peserta Pemilu, tim sukses serta masyarakat di Kecamatan Bojongsoang bisa bersama-sama saling menjaga kerukunan dan kondusifitas wilayah.

    “Kita pun harus menjaga komitmen dan dipastikan kami akan tindak tegas saat terjadi pelanggaran,” kata Djaja.

    Kordiv Penanganan dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Andri Hendrawan berharap masyarakat Kecamatan Bojongsoang agar selalu aktif membantu memantau jalannya masa kampanye.

    Dia memastikan tidak akan ada pembiaran pada setiap pelanggaran yang terjadi pada masa kampanye. Pihaknya meminta agar masyarakat mau melaporkan segala bentuk pelanggaran Pemilu ke Bawaslu, Panwascam atau ke PKD.

    “Kalau di lapangan ditemukan pelanggaran, termasuk yang dilakukan aparatur sipil, jangan segan-segan untuk melaporkan. Ini penting untuk menjaga netralitas,” kata dia.

    Pihaknya pun sudah mempersiapkan segalanya dalam menghadapi tahapan kampanye, seperti meningkatkan kapasitas, mental serta pengetahuan di internal dengan tetap berpegang teguh pada peraturan perundangan yang berlaku.

    “Tentunya koordinasi aktif dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder terus ditingkatkan. Terpenting adalah kita akan bekerja dan bertindak sesuai arahan dan instruksi dari Pimpinan Bawaslu Kabupaten Bandung,” kata Andri.

    Panwascam Bojongsoang bersama PKD akan selalu hadir, dan cepat tanggap jika terjadi pelanggaran. Seluruh pelanggaran yang terjadi akan ditindaklanjuti dan diproses sesuai aturan.

    Semoga Penyelenggaraan Pemilu 2023 semakin meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, kedewasaan dalam berkampanye, serta menjadi edukasi politik bagi masyarakat. Sehingga akan melahirkan pemimpin berintegritas dan bisa diandalkan untuk menumbuhkan kesejahteraan masyaramat.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img