spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Tim Catur Jabar Lolos Semua Nomor PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat berhasil meloloskan tim beregu dan perorangan putri menuju PON XXI usai menempati posisi pertama pada babak kualifikasi cabang olahraga catur putri dan playoff putra yang digelar di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung, Minggu-Kamis (26-30/11/2023). Selain itu, tim catur Jabar meloloskan Arif Abdul Hafiz di nomor perorangan putra usai finish di posisi pertama babak playoff.

    Pada babak kualifikasi PON XXI putri dan playoff putra yang didukung Super Challenge diikuti ratusan atlet yang mewakili 29 provinsi di Indonesia untuk bisa lolos tampil di ajang multieven olahraga nasional edisi ke-21 di Sumatera Utara dan Aceh. Sebanyak empat nomor dipertandingkan yakni perorangan putri dan beregu putri serta playoff perorangan putra dan beregu putra.

    Kegiatan yang juga di dukung oleh Super Challenge tersebut, ratusan pecatur dari berbagai wilayah, bersaing ketat dalam empat kategori, yakni perorangan putri, beregu putri, dan babak playoff perorangan putra dan beregu putra, untuk mendapatkan tiket berlaga di ajang PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 mendatang.

    Pada babak kualifikasi tersebut, tim catur Jabar diwakili Irene Kharisma Sukandar di perorangan putri serta Arif Abdul Hafiz di perorangan putra. Keduanya memastikan lolos ke PON XXI pada September 2024 mendatang yang akan digelar di Provinsi Aceh.

    Ketua Umum Pengprov Percasi Jabar, Deni Nurdiana Ngadimin mengapresiasi keberhasilan tim catur Jabar yang lolos di semua nomor. Sekaligus meraih peringkat pertama.

    “Alhamdulillah, kita berhasil lolos di semua nomor dan memang itu target kita. Tak hanya lolos, tapi semua atlet harus nomor satu,” kata Deni saat ditemui usai pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga catur putri dan playoff putra di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung, Kamis (30/11/2023) malam.

    fokusjabar.id catur Jabar PON XXI
    Irene Kharisma Sukandar saat bertanding di babak kualifikasi PON XXI nomor perorangan putri. (FOTO: Ageng)

    Dari 20 provinsi yang bersaing di kategori beregu putri, lanjut Deni, Jabar pun berhasil menempati peringkat pertama dari delapan provinsi yang lolos ke PON XXI. Selain Jabar, provinsi lain yang berhasil memastikan tampil di PON XXI yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

    “Nanti semua kategori beregu putra, beregu putri, perorangan putra, dan perorangan putri ditambah kuota atlet dua tuan rumah PON XXI, totalnya sebanyak 120 atlet yang akan berkompetisi,” Deni menuturkan.

    Dengan kualitas atlet yang dimiliki, Deni cukup optimis tim catur Jabar mampu mewujudkan target capaian enam medali emas. Sekaligus mempertahankan titel juara umum yang secara beruntun diraih sejak PON XVII tahun 2008 lalu.

    Untuk peta persaingan, kate Deni, kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda dibandingkan gelaran PON XX tahun 2021 di Papua. Yakni di kategori beregu putri dan putra, DKI Jakarta dan Jatim diprediksi menjadi pesaing terberat Jabar.

    “Sedangkan untuk perorangan putri, kita mewaspadai atlet dari Kalimantan Timur dan DKI Jakarta. Sedangkan di putra, ada atlet dari DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Intinya, akan ketat persaingan untuk di PON XXI nanti,” kata Deni.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img