spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Sudah Raih 13 Emas, Dayung Jabar Dominasi Babak Kualifikasi PON XXI

    KARAWANG,FOKUSJabar.id: Tuan rumah Jawa Barat memperlihatkan dominasinya pada pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga dayung yang digelar di Situ Cipule, Karawang. Hingga Minggu (26/11/2023), tim dayung Jabar sudah mengoleksi 13 medali emas, 4 perak, dan 2 perunggu dari total 21 nomor yang sudah dipertandingkan.

    Raiham medali yang diperoleh tim dayung Jabar, jauh melampaui para pesaingnya. Yakni DKI Jakarta yang mengoleksi 5 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu di posisi runner up klasemen sementara.

    fokusjabar.id dayung jabar babak kualifikasi PON XXI
    Tim dayung Jabar (nomor 3) memimpin lomba pada nomor TBR 1000 meter 22 crew mix. (FOTO: Medpro KONI Jabar)

    Sementara posisi ketiga ditempati tim dayung Jambi dengan raihan 1 medali emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Lalu Papua dengan raihan 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu di posisi keempat serta tim dayung Sultra di peringkat lima dengan raihan 1 medali emas.

    Sebanyak 13 medali emas yang diperoleh tim dayung Jabar, disumbangkan dari disiplin canoeing dan traditional boat race (TBR) atau perahu naga. Pertandingan di disiplin canoeing digelar pada 15-20 November 2023, dilanjutkan pertandingan di disiplin TBR pada 21-26 November 2023.

    fokusjabar.id dayung jabar babak kualifikasi PON XXI
    Ketua Umum KONI Jabar M. Budiana berfoto bersama tim dayung Jabar. (FOTO: Medpro KONI Jabar)

    Dari canoeing, tim dayung Jabar berhasil meraih 5 medali emas dari total 12 nomor yang dipertandingkan. Sedangkan di TBR, tuan rumah makin perkasa dengan meraih 8 medali emas dari total 9 nomor yang dipertandingkan.

    “Hasil yang diraih para atlet dayung Jabar sangat luar biasa. Mereka berjuang sangat keras dan tidak menganggap enteng setiap pertandingan di babak kualifikasi PON XXI. Saya memberikan apresiasi khusus bagi perjuangan para atlet,” kata Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana usai melihat langsung pertandingan babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga dayung di Situ Cipule Karawang, Minggu (26/11/2023).

    fokusjabar.id dayung jabar babak kualifikasi PON XXI
    Ketua Umum KONI Jabar M. Budiana (tengah) berfoto bersama peraih medali nomor TBR 500 meter 12 crew putra. (FOTO: Medpro KONI Jabar)

    Budiana menuturkan, dayung merupakan salah satu cabang olahraga andalan Jabar di berbagai even. Temasuk di ajang PON XXI tahun 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh.

    Pada saat PON XX tahun 2021 lalu, cabang olahraga dayung berhasil meraih 20 medali emas, 9 perak, dan 7 perunggu. Hasil yang dicapai sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada PON XIX tahun 2016 dengan raihan 18 medali emas, 8 perak, dan 7 perunggu.

    “Dengan pencapaian prestasi yang diraih pada babak kualifikasi PON XXI kali ini, saya cukup optimis jika tim dayung Jabar bisa kembali meraih prestasi juara umum pada PON XXI nanti yang akan digelar di Waduk Keuliling, Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Temasuk mendukung target pencapaian hattrick juara umum pada PON XXI tahun 2024 mendatang,” Budiana menegaskan.

    fokusjabar.id dayung jabar babak kualifikasi PON XXI
    Ekspresi kemenangan tim dayung Jabar pada nomor TBR 22 crew mix saat menyentuh garis finish. (FOTO: Medpro KONI Jabar)

    Kejurnas sekaligus Babak Kualifikasi PON XXI tahun 2024 cabang olahraga dayung sudah dimulai sejak Rabu (15/11/2023) hingga Minggu (10/12/2023) di Situ Cipule Kabupaten Karawang dan Pantai Reklamasi Ancol. Sebanyak 800 atlet dan ofisial dari 26 provinsi berlomba memperebutkan 45 medali emas di enam disiplin nomor.

    Di disiplin Canoeing memperebutkan 12 medali emas, TBR sebanyak 9 medali emas, dan Rowing 15 medali emas yang berlangsung di Situ Cipule Karawang dari 15 November hingga 1 Desember 2023. Lalu untuk disiplin Canoe Slalom memperebutkan 4 medali emas, Rowing Beach Sprint 3 medali emas, dan SUP (Stand Up Paddle) 2 medali emas di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, 2-9 Desember 2023.

    Saat berita diturunkan, masih terdapat 24 nomor yang belum menyelesaikan pertandingan di empat disiplin. Yakni di disiplin Rowing, Canoe Slalom, Rowing Beach Sprint, dan Stand Up Paddle (SUP).

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img