FOKUSJabar.id: Skuter matik atau yang akrab biasa kita sebut skutik telah menjadi pilihan favorit banyak pengendara di jalanan perkotaan.
Fitur-fitur canggih pun kini semakin melengkapi skutik, salah satunya adalah kemampuan mematikan mesin hanya dengan menurunkan standar samping.
Meskipun terlihat mudah dan praktis, namun ada dampak yang perlu kita perhatikan jika terlalu sering menggunakan fitur ini.
Sebagai informasi, dalam sejarahnya, motor matik tidak memiliki fitur standar samping yang dapat mematikan mesin.
Melansir dari Liputan6.com, penggunaan standar samping ini lebih sebagai fitur keselamatan tambahan. Untuk mencegah kecelakaan atau bahaya ketika motor dalam kondisi parkir.
Dalam kondisi normal, seharusnya skuter matik kita tinggalkan dalam keadaan mesin mati.
Sebelum adanya fitur standar samping otomatis ini, banyak pemilik motor matik yang meninggalkan mesin dalam keadaan menyala, yang pada gilirannya bisa membahayakan keamanan dan keselamatan.
Melalui fitur side stand switch, mesin motor akan otomatis mati saat standar samping kita turunkan.
Baca Juga: Tips Membersihkan Interior Mobil dari Bau Asap Rokok
Namun, menurut informasi dari laman resmi Wahana Honda, terlalu sering menggunakan fitur ini bisa memberikan dampak buruk pada skutik kesayangan Anda.
Pada dasarnya, saat standar samping kita turunkan, bagian pangkal standar terhubung dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.
Ini bukan masalah besar jika melakukannya sesekali, tetapi ada potensi merugikan aki motor.
Aki Skuter Matik Motor Cepat Tekor
Dampak yang paling umum adalah membuat aki cepat tekor. Jika standar samping sering kita pergunakan untuk mematikan mesin tanpa segera mematikan kunci kontak, maka kelistrikan motor tetap menyala, terutama jika motor Anda belum menggunakan lampu LED.
Jika keadaan ini terus berlanjut tanpa pengisian daya yang memadai, aki motor bisa mengalami soak atau kehabisan daya.
Ini juga berlaku jika mematikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport; jika kunci kontak tidak kita matikan, baterai bisa menjadi soak.
Oleh karena itu, para pengguna skuter matik sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan fitur standar samping ini.
Pastikan untuk tidak terlalu sering mengandalkannya agar dapat mempertahankan kinerja aki motor dan menghindari potensi masalah listrik yang tidak kita inginkan.
Keselamatan berkendara tidak hanya terletak pada fitur kendaraan, tetapi juga pada pemahaman pengendara terhadap penggunaannya.
(Erwin)