spot_img
Selasa 25 Juni 2024
spot_img
More

    Warga Ciamis Adukan Keluhan Lingkungan via Aplikasi Si Jagal

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis Jawa Barat (Jabar) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Si Jagal (Sistem Informasi Jaga Alam dan Lingkungan).

    Aplikasi Si Jagal digaungkan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Pembangunan dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis.

    BACA JUGA:

    Cegah DBD, Pemprov Jabar Kembangkan Metode Wolbachia

    Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan, aplikasi tersebut berbasis Android dan dikembangkan sesuai dengan Peraturan Bupati No660.1/KPTS.34-BPLH/2014.

    Menurut Taufik, aplikasi Si Jagal sebagai langkah untuk memudahkan pelaporan dan pengelolaan lingkungan hidup.

    “Tujuan aplikasi Si Jagal untuk memudahkan masyarakat Ciamis menyampaikan pengaduan lingkungan,” kata dia, Rabu (22/11/2023).

    Taufik mengatakan, Si Jagal merupakan inovasi untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan dan kapasitas serta mencerminkan transformasi digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    Aplikasi Si Jagal memungkinkan warga Ciamis mengajukan keluhan lingkungan melalui smartphone mereka dan dapat diunduh dari Play Store

    BACA JUGA:

    UMP 2024 Jawa Barat Naik 3,57 Persen

    Taufik juga membahas pokok bahasan terkait pengaduan lingkungan. Hal itu sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No22 Tahun 2017.

    “DPRKPLH Ciamis menjalankan sosialisasi aplikasi ini melalui berbagai media. Termasuk media sosial, elektronik dan cetak,” ungkapnya.

    ” Pentingnya peran masyarakat dalam menjaga lingkungan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Ciamis. Yakni optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya.

    (Fauza/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img