spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Sudah Raih 7 Emas, Taekwondo Jabar Masih Dominasi BK PON XXI

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Jawa Barat selangkah lagi memastikan diri sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo 2023 sekaligus babak kualifikasi PON XXI di GOR Popki, Cibubur, Jakarta Timur. Hingga hari kedua pelaksanaan pertandingan, Sabtu (28/10/2023), tim taekwondo Jabar sudah mengoleksi 7 medali emas dan 3 medali perak dari 11 kelas yang selesai dipertandingkan.

    Pada hari pertama pertandingan, Jumat (27/10/2023), Jabar melakukan sapu bersih medali emas yang diperebutkan di lima kelas laga. Lima medali emas disumbangkan dari empat kelas di nomor poomsae dan satu kelas nomor kyorugi.

    fokusjabar.id taekwondo jabar pon xxi
    Tendangan telak atlet taekwondo Jabar, M. Ridwan ke arah kepala atlet Jateng, Syamsul gagal membuahkan poin setelah dianulir dewan hakim pada partai final kyorugi kelas -87 kg putra. (FOTO: Istimewa)

    Di nomor poomsae, Jabar memulai raihan medali emas di kelas recognize beregu putri atas nama Maheswari Enesia, Moverentiwi Ramadhanifa dan Jingga Joelanda. Lalu disusul kelas recognize beregu putra melalui trio atlet M. Alfi Kusuma, M. Nadim Fathurrahman dan M. Syarif Hidayatulloh.

    Dominasi Jabar di nomor poomsae pun berlanjut di kelas freestyle. Atlet taekwondo Tatar Pasundan ini berhasil mengawinkan medali emas melalui Wawan Saputra di kelompok putra dan Naylana Khansa Janeeta di kelompok putri.

    Sedangkan satu-satunya medali dari nomor kyurogi pada hari pertama pertandingan disumbangkan Adam Yazid Ferdiansyah. Berlaga di kelas -68 kg putra, atlet taekwondo asal Depok itu berhasil mengalahkan lawannya di partai puncak.

    fokusjabar.id taekwondo jabar pon xxi
    Atlet taekwondo Jabar, Marani Binar saat menghadapi perwakilan Banten pada laga babak penyisihan kelas -46 kg putri Kejurnas Taekwondo 2023 sekaligus Babak Kualifikasi PON XXI. (FOTO: Istimewa)

    Sementara di hari kedua, Sabtu (28/10/2023), sebanyak 6 kelas dipertandingkan yakni 2 kelas di nomor poomsae dan 4 kelas di nomor kyorugi. Dari enam kelas tersebut, atlet taekwondo Jabar berhasil meraih 2 medali emas dan 3 perak.

    Medali emas bagi tim Jabar disumbangkan Rachmania Putri di nomor poomsae kelas recognize individual putri dan dari nomor kyorugi kelas -46 kg putri atas nama Marani Binar. Sementara medali perak diraih M. Rizal dari nomor poomsae kelas recognize individual putra, kyorugi kelas -67 kg putri atas nama Febriyanti, serta kyorugi kelas -87 kg putra atas nama M. Ridwan.

    Dengan tambahan 2 emas dan 3 perak di hari kedua, Jabar untuk sementara memimpin klasemen perolehan medali pada Kejurnas Taekwondo 2023 sekaligus babak kualifikasi PON XXI. Jabar memimpin dengan raihan 7 medali emas dan 3 perak dari total 11 nomor yang sudah selesai dipertandingkan.

    fokusjabar.id taekwondo jabar pon xxi
    Ketua Umum Pengprov TI Jabar, Divie verfoto bersama usai pengalungan medali nomor poomsae recognize beregu putri. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia Jabar, Divie mengucap syukur atas pencapaian para atlet di babak kualifikasi PON XXI tersebut. Hasil yang diraih berkat kerja keras atlet, pelatih, serta seluruh insan taekwondo di Jabar.

    “Alhamdulillah, ini hasil yang perlu kita syukuri. Seharusnya kita bisa mendapatkan lebih dari capaian hari ini, tapi ini sudah bagus bahkan beberapa atlet yang baru bisa memperlihatkan prestasinya di babak kualifikasi PON XXI ini,” kata Divie saat ditemui usai pertandingan, Sabtu (28/10/2023) malam.

    Meski masih unggul dibanding provinsi lain, namun Divie mengaku akan tetap melakukan evaluasi dari setiap kelas yang sudah selesai dipertandingkan. Dengan demikian, atlet, pelatih maupun seluruh tim Taekwondo Jabar bisa lebih baik ke depannya.

    “Kita masih ada peluang untuk menambah medali emas di beberapa kelas yang belum dipertandingkan di nomor kyorugi. Yang terpenting, anak-anak bisa belajar dan mengevaluasi diri untuk bisa lebih baik kedepannya karena hari ini Baru awal dari perjuangan kita semua untuk mempertahankan supremasi juara umum di PON XXI tahun 2024 mendatang,” Divie menegaskan.

    fokusjabar.id taekwondo jabar pon xxi
    Selebrasi atlet taekwondo Jabar, Marani Binar usai memastukan medali emas kyorugi kelas -46 kg putri Kejurnas Taekwondo 2023 sekaligus Babak Kualifikasi PON XXI. (FOTO: Istimewa)

    Kejurnas Taekwondo tahun 2023 sekaligus babak kualifikasi PON XXI yang dirangkaikan dalam event Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 ini diikuti oleh 512 atlet dari 36 provinsi termasuk dua dari empat propinsi hasil Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemekaran provinsi Papua yakni provinsi Papua Barat Daya dan Papua Tengah. Hanya dua provinsi yang tidak mengikuti yakni Sumatera Utara serta Aceh yang mendapatkan wild card lolos langsung menuju PON XXI sebagai tuan rumah dan di babak kualifikasi ini memperebutkan 218 kuota kelolosan.

    Sebanyak 22 kelas dipertandingkan pada kejurnas sekaligus babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga taekwondo yang berakhir pada Senin (30/10/2023). Dengan rincian 8 kelas di nomor kyorugi putra, 8 kelas di nomor kyorugi putri, 4 kelas di nomor poomsae recognize, dan 2 kelas nomor poomsae freestyle.

    Pada hari ketiga, Minggu (29/10/2023), dipertandingkan sebanyak enam kelas di nomor kyorugi. Yakni kelas -58 kg putra, -63 kg putra, +87 kg putra, -49 kg putri, -57 kg putri, serta -73 kg putri.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img