spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Lampaui Target, Bey Machmudin Apresiasi Baznas Jabar

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jabar, yang nilainya selalu melampaui target. 

    Selain itu, Bey juga mengapresiasi transparansi publik pihak BAZNAS Jabar dalam menginformasikan jumlah zakat yang masuk dan yang sudah terdistribusi kepada masyarakat. 

    Target pengumpulan zakat dari Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Jabar tahun 2022 adalah Rp 1,6 triliun dan tercapai 230 persen dari target, dengan total penghimpunan mencapai Rp 3,68 triliun. 

    BACA JUGA: Dicky Saromi Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Ini Pesan Bey Machmudin

    Sedangkan target pendistribusian zakat di tahun 2022 sebesar Rp 25,27 miliar dan tercapai 155,21 persen dari target, dengan realisasi pendistribusian zakat tahun 2022 mencapai Rp 39,2 miliar. 

    “Saya mengapresiasi BAZNAS Jabar karena selalu melampaui target yang ditentukan. Tahun ini target Rp3,6 triliun, tadi pagi saya baca di _website_ -nya sudah terkumpul Rp3,2 triliun, sekarang sudah Rp3,4 triliun,” ujar Bey  saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS Se-Jawa Barat di Hotel Grand ASTON Puncak, Kabupaten Cianjur, Selasa (24/10/2023). . 

    “Saya juga mengapresiasi adanya keterbukaan, transparansi dalam laporan keuangan karena tadi di website-nya semua serba jelas. Terima kasih untuk BAZNAS tak hanya mengumpulkan dan menyalurkan, tapi juga pertanggungjawabannya jelas,” kata dia.

    Apresiasi juga datang dari salah satu pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan. Menurutnya, BAZNAS Jabar merupakan yang terbaik se-Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya capaian prestasi pada BAZNAS Award 2023. 

    Disamping itu, Rizaludin juga mengatakan bahwa pihaknya menerima undangan Rakorda BAZNAS di hampir seluruh provinsi lain se-Indonesia. Namun menurutnya BAZNAS Jabar merupakan salah satu provinsi yang cepat dan gesit mengadakan rakorda. 

    “(BAZNAS Jabar) mendapat tujuh anugerah BAZNAS Award dan saya kira favorit terbanyak se-Indonesia, terbaik se-Indonesia karena kekompakan tim. Mudah-mudahan seluruh BAZNAS kabupaten kota bisa mencontoh kekompakan pimpinan BAZNAS provinsi ini,” tutur Rizaludin.

    BACA JUGA: Tingkatkan Nilai Ekonomi di Rebana, Pemprov Jabar Akan Gelar Rebana Expo 2023

    Pada BAZNAS Award 2023, BAZNAS Jabar memboyong tujuh penghargaan Kategori BAZNAS Provinsi, yakni Kelembagaan Terbaik, Pengumpulan Digital Terbaik, Perencanaan Terbaik, Pengumpulan On Balance Sheet dan Off Balance Sheet Terbaik, Program Dakwah Terbaik, Program Ekonomi Terbaik, serta Terbaik Pencetak Muzaki dari Mustahik.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img