spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Ribuan Santri Ciamis Peringati Hari Santri Nasional 2023

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ribuan santri di Ciamis, Jawa Barat (jabar) tumpah ruah memenuhi Taman Lokasana untuk mengikuti upacara Hari Santri Nasional 2023.

    Upacara peringatan Hari Santri Nasional dipimpin langsung Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

    BACA JUGA:

    Sejarah dan Makna Hari Santri Nasional

    Bupati Ciamis mengajak kepada seluruh santri untuk mendoakan para pejuang Islam yang telah gugur dan mendoakan warga Palestina agar agar diberikan ketabahan.

    “Pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penepatan ini berdasarkan sejarah perjuangan para santri pada saat melawan sekutu di Surabaya,” kata dia.

    Herdiat mengatakan, perjuangan dan pengorbanan para santri telah berhasil mengobarkan kembali semangat para pejuang di daerah lain dalam mengusir penjajah.

    hari santri nasional fokusjabar.id
    (foto web)

    “Kita harus mengenang kembali semangat juang dan pengorbanan para santri terdahulu dalam mengusir penjajah. Bedanya saat ini kita tidak lagi melawan penjajah, tetapi nilai-nilai santri terdahulu harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

    BACA JUGA:

    Culture and Conservation Jadi Tema Wisuda ke-38 Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis

    Herdiat mengungkapkan, dalam konteks tradisi Islam, santri merupakan pejuang dan teladan dalam pelaksanaan jihad intelektual melalui semangat keadilan dan nasionalisme.

    “Hal ini merupakan bentuk perjuangan untuk membentuk Indonesia menjadi negara maju. Sesuai dengan tema, Jihad Santri Jayakan Negeri. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan pertolongan kepada kita semua,” pungkasnya.

    Sesi terakhir upacara peringatan diakhiri dengan pembacaan sholawat Nariyah sebanyak tiga kali yang diikuti oleh santri dan seluruh tamu undangan.

    (Fauza/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img