spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    4 Sekolah di Ciamis Raih Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2023

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara resmi menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2023 di Gedung Auditorium Dr. Ir Soedjarwo Mandala Wanabakti, Jakarta, Senin (17/10/2023) lalu.

    Tahun ini, empat sekolah di Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) menyabet gelar sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional.

    Demikian dikatakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Taufik Gumilar.

    BACA JUGA:

    Ribuan Masyarakat Salat Istisqa di Alun-alun Ciamis

    Taufik mengatakan, berdasarkan hasil penilaian KLHK sebanyak 135 sekolah di seluruh Indonesia mendapat gelar Adiwiyata Mandiri dan 415 sekolah mendapat predikat Adiwiyata Nasional.

    “Dari jumlah tersebut, 4 sekolah di Ciamis meraih kedua penghargaan tersebut. Yakni, MI Handapherang (Adiwiyata Mandiri) dan MTSN 9 Ciamis, MTSN 11 Ciamis dan MTSN 1 Ciamis meraih predikat Adiwiyata nasional 2023,” kata dia.

    Taufik mengungkapkan, prestasi tersebut merupakan hasil dari kolaborasi dari berbagai pihak yang terlibat untuk menyukseskan berbagai program Adiwiyata.

    “Raihan prestasi ini tentunya akan memantik sekolah lain untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan dan menerapkan budaya lingkungan hidup di sekolah agar tercapainya pembangunan nasional,” jelasnya.

    BACA JUGA:

    Bappeda Ciamis Rumuskan Isu Strategis Pembangunan Jangka Panjang

    Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional adalah penghargaan yang diberikan untuk mengakui dan memberikan apresiasi terhadap sekolah-sekolah yang berprestasi dalam bidang lingkungan hidup, keberlanjutan dan pendidikan lingkungan.

    Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan tingkat provinsi yang diberikan kepada sekolah yang memiliki program-program lingkungan yang berkelanjutan dan efektif.

    Sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri diakui telah menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam kegiatan sehari-hari.

    Adiwiyata Nasional adalah penghargaan tingkat nasional yang diberikan kepada sekolah yang memiliki program-program lingkungan yang sangat baik.

    Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa sekolah tersebut tidak hanya memberikan pendidikan berkualitas. Tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan dan kepedulian lingkungan kepada siswa-siswinya.

    Kedua penghargaan ini mencerminkan komitmen sekolah dalam mengembangkan kesadaran lingkungan dan keberlanjutan serta melibatkan siswa, guru dan staf sekolah dalam upaya perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya secara bijaksana.

    (Fauza/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img