spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    PB FORKI Tantang Jabar Gelar Kejuaraan Dunia, Gianto: Kami Siap

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Umum PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta Jawa Barat untuk bisa menggelar kejuaraan karate tingkat internasional. Hal tersebut diungkapkan Hadi Tjahjanto usai melantik kepengurusan FORKI Jabar masa bakti 2023-2027 di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (12/10/2023) malam.

    “Saya berharap, Jabar bisa meraih prestasi yang baik pada PON XXI nanti. Dan saya juga meminta, pada tahun ini atau tahun 2024 mendatang, Jabar bisa menggelar even kejuaraan tingkat internasional. Saya tanya langsung tadi,” kata Hadi yang juga menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini.

    fokusjabar.id FORKI Jabar Menteri ATR/Kepala BPN
    Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (FOTO: Ageng)

    Alasan menunjuk Jabar untuk menggelat kejuaraan internasional, diakui Hadi, didasarkan pada potensi serta prestasi olahraga karate yang ada di Tanah Pasundan. Jabar memiliki hampis semua perguruan karate serta memiliki track record prestasi yang sangat baik.

    “Dalam dua PON terakhir, Jabar ini kan menjadi juara umum dan selalu bersaing dengan DKI Jakarta. Sekarang saya tantang untuk meningkatkan prestasinya untuk mendorong prestasi Indonesia dengan menggelar kejuaraan internasional,” Hadi menegaskan.

    Selain itu, lanjut Hadi, Jabar memiliki tokoh-tokoh olahraga yang sangat banyak. Juga ditunjang dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup memadai.

    “Saya optimis, Jabar bisa menyelenggarakan event internasional. Kalau bisa melakukannya, kita sudah bisa mengatakan pada dunia dan bersaing dengan mendulang emas lebih banyak di event-event internasional berikutnya,” kata mantan Panglima TNI ini.

    fokusjabar.id FORKI Jabar Menteri ATR/Kepala BPN
    Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono menerima bendera pataka. (FOTO: Ageng)

    Tantangan tersebut disambut positif jajaran FORKI Jabar. Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono menegaskan jika Jabar memiliki atlet-atlet yang hebat yang didukung dengan pelatih serta jajaran kepengurusan yang hebat.

    “Itulah kenapa pusat mengapresiasi apa yang sudah kita lakukan. Kalau untuk menggelar sebuah even internasional? Itu lebih mudah dibandingkan mendatangkan prestasi-prestasi dunia bagi atlet kita di Indonesia. Jadi kami siap,” kata Gianto.

    Wakil Ketua Bidang Pertandingan FORKI Jabar, Darly Siregar menambahkan, saat ini Indonesia sedang berjuang untuk menjadi tuan rumah kejuaraan internasional pada tahun 2024 mendatang. Yakni kejuaraan tingkat Asia atau Asian Karate Federation (AKF) serta kejuaraan tingkat dunia atau World Karate Federation (WKF).

    “Rencana itu disambut baik Ketua Umum FORKI Jabar dan kita siap laksanakan di Bandung. Apalagi sekarang sudah ada kereta cepat sehingga dari sisi transportasi tidak jadi kendala. Luar negeri pun tanggapannya positif karena ingin melihat sisi Indonesia yang lain, tidak hanya Jakarta,” kata Darly yang juga menjabat sebagai Vice President SEAKF sekaligus pengurus AKF serta WKF.

    fokusjabar.id FORKI Jabar Menteri ATR/Kepala BPN
    Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto bersama Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono. (FOTO: Ageng)

    Untuk penentuan tuan rumah bagi dua kejuaraan internasional tersebut, lanjut Darly, akan ditetapkan pada kongres yang digelar akhir tahun 2023. Indonesia, khususnya Jabar, diharapkan bisa ditunjuk dan ditetapkan sebagai salah satu tuan rumah bagi kejuaraan karate tingkat internasional tersebut.

    “Kita akan berjuang pada kongres tersebut karena beberapa negara pun mengusulkan diri menjadi tuan rumah. Semoga Indonesia ditetapkan menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan tersebut,” Darly menuturkan.

    fokusjabar.id FORKI Jabar Menteri ATR/Kepala BPN
    Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto berfoto bersama Ketua Umum KONI Jabar M. Budiana dan Ketua Umum FORKI Jabar Gianto Hartono beserta jajarannya. (FOTO: Ageng)

    Kesempatan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan karate tingkat internasional pun disambut positif Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana. Hal ini diyakini mampu mendongkrak prestasi atlet-atlet karate Jabar maupun Indonesia.

    “Ini sangat positif sekali. Kami berharap tidak hanya FORKI (karate) tapi juga di cabor lain harus seperti itu. Kejuaraan atau kompetisi ini menjadi salah satu momen untuk peningkatan prestasi olahraga,” kata Budiana.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img