spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Provinsi Jabar Memiliki Jumlah Pondok Pesantren Terbesar

    TASIKMALAY,FOKUSJabar.id: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Arip Rachman mengatakan, Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki pondok pesantren (Pontren) terbanyak dibanding daerah provinsi lainnya di Indonesia.

    Berdasarkan data Kementerian Agama RI tahun 2016, dari 28.984 Pontren di Indonesia, sebaran terbesar berada di Provinsi Jawa Barat yaitu 8.428 pesantren atau 28 persen dari jumlah keseluruhan.

    Sedangkan berdasarkan data terakhir, Jawa Barat memiliki paling kurang 15.600 pondok pesantren.

    BACA JUGA: DPRD Provinsi Jabar Lakukan Penyebarluasan Perda Pesantren

    “Jawa Barat gudangnya pesantren di nusantara. Pemerintah provinsi terus fokus untuk meningkatkan peran pesantren dalam pembangunan. Bukan hanya sebagai objek tetapi subjek pembangunan,” kata Arip Rachman, Minggu (8/10/2023).

    Menurut Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Jawa Barat ini, dalam konteks Jabar eksistensi pesantren sudah menjadi kenyataan sosiologis, yang menyatu dalam praktik kehidupan keseharian masyarakat Jawa Barat, yang dikenal religius.

    “Penyelenggaraan pesantren selama ini berlangsung dinamis. Secara historis, keberadaan dan keberlangsungan pesantren merupakan inisiasi, inovasi dan sekaligus bentuk partisipasi nyata masyarakat,” tutur Arip Rachman.

    Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Provinsi melahirkan Perda tentang fasilitasi penyelenggaraan pesantren dengan dilatarbelakangi bahwa pesantren yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dengan kekhasannya, telah berkontribusi penting dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil’alamin.

    Pesantren juga nyatanya telah melahirkan insan beriman yang berkarakter, cinta tanah air dan berkemajuan.

    “Pesantren juga terbukti memiliki peran nyata baik dalam pergerakan dan perjuangan meraih kemerdekaan maupun pembangunan nasional dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Arip.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img