spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Belasan Lansia Kota Banjar, Mengais Rezeki di Tumpukan Sampah

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Demi dapatkan sedikit rupiah untuk menyambung hidup, belasan lanjut usia (Lansia) di Kota Banjar, rela seharian berada di tumpukan sampah.

    Mereka merupakan para pemilah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cibereum, Kota Banjar, Jawa Barat.

    BACA JUGA: Jembatan Parungsari Banjar Ditargetkan Kelar Oktober 2023

    Salah satu pemilah sampah di TPA Cibereum, Kindra (85) tahun mengatakan dirinya sudah puluhan tahun mengais rezeky dari tumpukan sampah yang ada disana.

    “Sudah lama saya bekerja seperti ini, mulai dari TPA ini ada semitar 10 tahun lebih,” katanya kepada wartawan. Senin (11/9/2023).

    Kindra mengaku dirinya mampu mengumpulkan sampah yang bisa di daur ulang sebanyak 1 kintal selama satu pekan.

    Ia mengaku hasil jerih payahnya memilah barang bekas di tumpukan sampah yang mengeluarkan aroma tidak sedap itu bisa membuahkan sedikit pundi-pundi rupiah untuk menyambung hidupnya.

    BACA JUGA: Bawaslu Kota Banjar Dorong PKPU Lakukan Perubahan Terkait Kampanye di Lingkungan Pendidikan

    “Kalau seminggu bisa sampai terlumpul 1 kintal, itu kalau dihitung sekitar Rp.15.000 per-hari,”kata dia.

    Meski penghasilannya kecil, salah satu pria lansia yang beraktivitas memilah sampah di tempat pembuangan akhir ini mengaku iklas melakukan kegiatannya itu.

    Dengan memilah sampah yang bisa di daur ulang tersebut, Kindra dan belasan rekan lansianya menyebut bahwa hal demikian merupakan suatu ibadah di hari tuanya.

    “Untuk penghasilan lumayan bisa untuk hidup, kami menganggap kegiatan ini ibadah. Kita iklas karena kegiatan ini pun mendorong kami untuk bisa tetap produktif di usia kami yang sudah melemah ini,”ujarnya.

    Kendati dirinya mengajak kepada semua orang khususnya para pemuda agar tetap semangat dan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.

    “Tugas kita itu berikhtiar, untuk urusan hasil biar Allah saja yang menentukan, kita harus semangat apalagi yang muda-muda harus lebih cekatan,”pungkasnnya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img