spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Luar Biasa, Kejuaraan Taekwondo Bandung Open 2023 Diikuti 2500 Lebih Atlet

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lebih dari 2500 atlet ikut serta dalam Kejuaraan Taekwondo Bandung Open XX tahun 2023 yang digelar di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, 9-10 September 2023. Kejuaraan ini merupakan agenda rutin yang digelar Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bandung.

    Ketua Umum Pengcab TI Kota Bandung, Dedi Heryadi mengatakan, kejuaraan kali ini diikuti oleh atlet yang berasal dari 152 unit latihan taekwondo di kota dan kabupaten di Jawa Barat. Selain itu, hadir pula atlet-atlet taekwondo dari empat provinsi di luar Jabar yakni Jateng, DI Yogyakarta, Banten, dan Bangka Belitung.

    “Total atlet yang ikut serta sekitar 2500 orang dan itu sesuai dengan target kita. Mereka akan bertanding di empat nomor yakni kyorugi, poomsae, freestyle dan kyukpa di 10 kelompok usia,” kata Dedi saat ditemui disela-sela pertandingan, Sabtu (9/9/2023).

    fokusjabar.id taekwondo bandung open
    Penampilan atlet poomsae Jabar yang dipersiapkan untuk babak kualifikasi PON XXI. (FOTO: Ageng)

    Pada kegiatan tersebut, kata Dedi, pihaknya pun melakukan pemantauan atlet taekwondo asal Kota Bandung yang turun membela unit latihan masing-masing. Terutama atlet-atlet junior sebagai pelapis bagi atlet-atlet senior yang dipersiapkan untuk Porprov XVI tahun 2026 mendatang.

    “Selain untuk pemgembangan taekwondo prestasi di Kota Bandung dan jabar sekaligus menjadi ajang pencarian bibit atlet potensial untuk kami siapkan sebagai pelapis atlet senior. Kejuaraan ini pun menjadi ajang terbesar yang digelar pasca pandemi sehingga ini menjadi ajang silaturahmi bagi insan taekwondo di Jabar,” Dedi menuturkan.

    Pada kejuaraan taekwondo Bandung Open XX tahun 2023, kata Dedi, pihaknya menyiapkan hadiah uang pembinaan dengan total Rp20 juta. Yakni bagi peraih juara umum 1 sampai 3 hingga atlet terbaik di 10 kategori kelompok usia.

    “Selain sertfikat, kita siapkan uang pembinaan juga. Semoga melalui kejuaraan ini makin memotivasi para atlet untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka,” kata dia.

    fokusjabar.id taekwondo bandung open
    Penampilan atlet poomsae Jabar yang dipersiapkan untuk babak kualifikasi PON XXI. (FOTO: Ageng)

    Kejuaraan Taekwondo Bandung Open XX tahun 2023, dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengprov TI Jabar, Divie. Dalam sambutannya, Divie mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan yang secara konsisten rutin digelar oleh TI Kota Bandung.

    “Kompetisi atau kejuaraan menjadi hal penting dalam proses pembinaan, termasuk Bandung Open yang digelar secara konsisten. Semoga dari kejuaraan Bandung Open ini bisa melahirkan atlet-atlet taekwondo potensial untuk mendukung pencapaian prestasi Jabar seperti yang sudah dilakukan Kota Bandung selama ini,” kata Divie.

    Apresiasi senada diungkapkan Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi saat menghadiri kejuaraan secara langsung. Nuryadi menilai, konsistensi TI Kota Bandung dengan menggelar event yang berkelanjutan layak untuk diikuti cabang olahraga lain di Kota Bandung.

    “Tidak hanya di taekwondo, kita berharap cabor lain di Kota Bandung ini bisa melakukan kejuaraan yang konsisten. Kejuaraan ini bukan untuk kepentingan sesaat, tapi lebih jauh untuk mempersiapan atlet masa depan. Dari sini diharapkan lahir atlet taekwondo potensial bagi Kota Bandung, Jabar dan Indonesia karena hasil dari kejuaraan ini sudah terlihat di beberapa even tingkat Jabar, Indonesia maupun internasional,” kata Nuryadi.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img