spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati Harkonas 2023, Sapma Pemuda Pancasila Kota Banjar Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Cabang Kota Banjar menggelar peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Toserba Yogya yang ada di wilayahnya.

    Kegiatan bertema “Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya” ini diadakan dengan berkolaborasi bersama Toserba Yogya dan DISKUKMP (Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan) Kota Banjar, Jawa Barat.

    Menurut EO perwakilan Sapma Pemuda Pancasila Kota Banjar, Irsyad Al-Haq peringatan Harkonas ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk konsumen hadiri.

    BACA JUGA: Wisata Bali di Kota Banjar Diserbu Pengunjung

    Selain itu ia menilai acara ini sangat penting untuk konsumen agar mereka bisa memahami hak dan kewajibannya saat bertransaksi barang maupun jasa

    “Menurut saya edukasi seperti ini harus lebih ditingkatkan agar konsumen bisa lebih paham hak dan kewajibannya, jika mereka paham tentu akan terwujud konsumen berdaya, ekonomi berjaya,” katanya. Sabtu (2/8/2023).

    Ditempat yang sama, Kepala Diskukmp Kota Banjar, Edi Hardianto mengatakan di hari konsumen nasional ini pihaknya berharap konsumen di Indonesia khususnya di Banjar bisa lebih cerdas dalam bertransaksi.

    Konsumen diwajibkan mengetahui barang yang dibelinya. Adapun yang harus diperhatikan konsumen dalam bertransaksi pertama mereka harus mengetahui label produk yang dibelinya.

    “Konsumen harus mengetahui produk itu memiliki label SNI dan ada kadaluarsanya atau pun label produk lainnya,” katanya.

    “Dengan begitu mereka akan terlindungi dari ancaman yang dikhawatirkan dampak dari produk itu sendiri,”kata dia menambahkan.

    Edi juga mengimbau kepada semua penyedia barang baik ritel atau pun pedagang lainnya untuk bisa menjual atau menyediakan barang yang memang layak untuk dikonsumsi konsumen.

    “Jika hal tersebut tercipta otomatis konsumen berdaya dan ekonomi berjaya,” kata Edi.

    BACA JUGA: Viral Video Kecelakaan Parah di Kota Banjar, Ini Faktanya

    Sementara itu dari pantauan kegiatan Hari Konsumen Nasional yang digelar di Toserba Yogya ini merupakan peringatan Harkonas secara serentak di kota/kabupaten khususnya Jawa Barat.

    Terlihat dalam kegiatan berbagai rangkaian disajikan baik hiburan ataupun edukasi mengenai perlindungan konsumen untuk mewujudkan tema yang diusung dalam Harkonas tahun ini yakni Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img