spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Lampaui Target di Popnas XVI, Tinju Jabar Boyong 5 Emas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim tinju Jawa Barat berhasil memboyong 5 medali emas dan 1 perunggu dari ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2023 yang digelar di GOR SMKN 2 Palembang, 26 Agustus sampai 2 September 2023. Jabar harus mengakui keunggulan DKI Jakarta yang keluar sebagai juara umum dengan raihan 5 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

    Dua medali emas yang diraih Jabar disumbangkan dari kelompok putri atas nama Angel Cristin Patinama di kelas 54 kg dan Natanael Surati di kelas 60 kg. Lalu tiga medali emas diraih dari kelompok putra di kelas 48 kg atas nama Marcelo Surati, kelas 51 kg atas nama Febrian Alfares Makalanis, dan kelas 57 kg atas nama
    Abdal Jabil. Sementara satu medali perunggu, disumbangkan Natasya Barahama dari kelas kelas 52 kg putri.

    fokusjabar.id Popnas XVI Tinju
    (FOTO: Istimewa)

    Koordinator tim tinju Popnas XVI Jabar, Riga Haruman mengaku sangat bersyukur dengan pencapain atlet diajang multieven olahraga tingkat pelajar ini. Pencapaian prestasi di ajang Popnas XVI kali ini berhasil melampaui target yang ditetapkan sebelumnya.

    “Sebenarnya kita hanya menargetkan dua medali emas di ajang Popnas XVI kali ini, tapi Alhamdulillah berhasil melampaui target dengan meraih 5 medali emas dan satu perunggu,” kata Riga saat ditemui di sekretariat Pertina Jabar, komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung, Minggu (3/9/2023).

    Pada ajang Popnas XVI, lanjut dia, tim tinju Jabar bersaing ketat dengan DKI Jakarta sejak hari pertama laga digelar. Bahkan Jabar dan DKI Jakarta sama-sama meraih 5 medali emas dari 16 kelas yang dipertandingkan terdiri dari 9 kelas di kelompok putra dan 7 kelas di kelompok putri.

    “Kita kalah dari raihan medali perak dan perunggu dari DKI Jakarta sehingga harus puas di posisi runner up,” kata Riga yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengprov Pertina Jabar.

    Meski gagal meraih predikat juara umum, lanjut dia, namun pencapaian atlet Tinju di ajang Popnas XVI sudah sangat luar biasa. Selain mampu melampaui target, performa para atlet cukup menjanjikan sebagai pelapis atlet-atlet senior kedepan.

    “Kita bersyukur dengan pencapaian di Popnas XVI. Semoga mereka terus dibina di daerahnya masing-masing sehingga bisa menjadi petinju-petinju andalan Jabar kedepan di berbagai even maupun multieven kejuaraan,” kata Riga.

    Sementara pada ajang Popnas XVI yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Agustus-4 September 2023, kontingen Jabar gagal mempertahankan predikat juara umum untuk kali keempat. Jabar harus puas diposisi runner up dengan raihan 50 medali emas, 37 perak, dan 53 perunggu.

    Predikat juara umum Popnas XVI diraih kontingen DKI Jakarta dengan raihan 84 medali emas, 49 perak dan 47 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati kontingen Jatim dengan raihan 49 medali emas, 45 perak dan 49 perunggu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img