spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Manfaatkan Musim Kemarau, Pemkot Bandung Lakukan Pengerukan Sungai

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah kota Bandung melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, memanfaatkan musim kemarau dengan mengeruk sedimen di sejumlah bantaran sungai.

    Kepala DSDABM Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, skala besar berada di kawasan Gedebage. Yakni dengan melakukan normalisasi Sungai Cinambo dan Sungai Cipamulihan.

    BACA JUGA: Hari ini, TPA Sarimukti Kembali Beroperasi Atasi Darurat Sampah

    “Perawatan sungai terus kita lakukan, skala besarnya ada di Sungai Cipamulihan dan Cinambo Gedebage. Lalu Sungai Cikendal di kawasan Kelurahan Cigondewah dan beberapa sungai lainnya,”kata Didi, Jumat (1/9/ 2023).

    Menurutnya, proses normalisasi sungai meliputi pembersihan, dan pendalaman. Pekerjaan rumah terbesar, adalah pengerukan sampah. Terbanyak berada di kawasan Cigondewah.

    “Sampah itu paling banyak, khususnya di Sungai Cikendal di belakang SMPN 55. Kemudian juga Sungai Citarip sampahnya banyak. Yang kita lakukan adalah dengan membuat bangunan pembagi, dengan harapan sampah-sampah ini bisa terbagi,” ucapnya.

    BACA JUGA: WJF Jadi Pilot Project Pengolahan Sampah pada Saat Acara Besar

    Didi mengungkapkan, normalisasi sungai, upaya pemerintah dalam menjaga lingkungan. Selain mengantisipasi bencana banjir, aliran sungai memiliki fungsi untuk irigasi atau pengairan sawah.

    “Kalau sampah, kita pisahkan untuk diteruskan ke tempat pembuangan sementara lalu ke tempat pembuangan akhir. Nah untuk sedimen, kebetulan kita lagi bikin kolam retensi di Rancabolang tiga. Kita arahkan ke sana,” ungkapnya.

    Didi menambahkan, kegiatan normalisasi sungai merupakan aktivitas rutin yang dilakukan pihaknya.

    “Tidak harus selalu menunggu musim kemarau tiba untuk melaksanakannya,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img