spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Incar Hattrick Juara Umum, Pencak Silat Jabar Target Lolos di Semua Nomor PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim pencak silat Jawa Barat menargetkan meloloskan atlet di semua nomor pertandingan PON XXI pada babak kualifikasi yang akan digelar di Solo pada 10-15 September 2023. Sebanyak 27 atlet dipersiapan Ikatan Pencak SIlat Indonesia (IPSI) Jabar untuk menghadapi babak kualifikasi PON XXI.

    Manager Tim Pencak Silat Jabar, Yusuf Munawar mengatakan, tim yang dipersiapan menuju babak kualifikasi berjumlah 45 orang. Terdiri dari 4 orang manager dan ofisial tim, 7 orang pelatih, 27 orang atlet, 3 atlet sparing partner, 1 orang analisa performa, 1 orang sport recovery, dan 2 orang supporting.

    “Dari komposisi atlet, sebanyak 50 persen merupakan pendatang baru untuk PON. Mereka hasil seleksi yang kita laksanakan dan sudah menjalani pemusatan latihan sekitar tiga bulan,” kata Yusuf saat ditemui di sekretariat Padepokan IPSI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu (26/8/2023).

    fokusjabar.id pencak silat Jabar PON XXI
    (FOTO: Ageng)

    Pada babak kualifikasi PON XXI, lanjut dia, akan dipertandingkan sebanyak 22 nomor pertandingan. Dari total nomor pertandingan tersebut, Jabar sudah memastikan tiga nomor yang langsung lolos ke babak final di PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara.

    “Tiga nomor yang lolos langsung tersebut merupakan peraih medali pada SEA Games 32 di Kamboja tahun 2023 kemarin. Yakni regu putra, ganda putri, dan under A putra,” Yusuf menjelaskan.

    Yusuf mengatakan, babak kualifikasi menjadi awal bagi tim pencak silat Jabar mengulang prestasi yang sudah diraih pada PON XX tahun 2021 di Papua. Saat itu, tim pencak silat Jabar berhasil menjadi juara umum dengan meraih 6 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu sekaligus mempertahankan titel yang diraih pada PON XIX tahun 2016 di Jabar.

    “Kita menargetkan untuk meloloskan atlet di semua nomor pertandingan pada babak kualifikasi sehingga target mempertahankan juara umum bisa kembali dicapai tim pencak silat Jabar pada PON XXI nanti,” kata Yusuf.

    fokusjabar.id pencak silat Jabar PON XXI
    Ketua Umum Pengprov IPSI Jabar, Phinera Wijaya. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum IPSI Jabar, Phinera Wijaya mengatakan, dua kali juara umum di ajang PON menjadi prestasi yang harus dipertahankan. Untuk itu, pihaknya menargetkan mencetak hattrick juara umum pada PON XXI di cabang olahraga pencak silat.

    “Pada PON XX di Papua, kita behasil meloloskan 21 orang atlet dan meraih 6 medali emas sekaligus mempertahankan predikat juara umum. Untuk PON XXI nanti, kita bertekad meloloskan semua atlet di semua nomor pertandingan dan mempertahankan juara umum sekaligus mencetak hattrick,” kata Phinera.

    fokusjabar.id pencak silat Jabar PON XXI
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana. (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana mengaku siap mendukung target pencapaian prestasi tim pencak silat Jabar. Apalagi, pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jabar dalam setiap multieven PON yang selalu menyumbangkan medali emas.

    “Tentu kita akan dukung penuh target pencak silat mencetak hattrick juara umum seperti halnya target Jabar di PON XXI. Sebagai cabor unggulan, kita tentu akan dukung penuh,” kata Budiana.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img