spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    KSAU Resmikan SKADIK 103 / Drone Tempur di Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kepala Staf TNI Angkatan Udara RI (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Kadispenau Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati beserta sejumlah Jenderal TNI AU mendatangi Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Selasa (22/08/23).

    Kedatangan Jenderal Bintang Empat itu, untuk bersilaturahmi dengan jajaran Lanud Wiriadinata dan masyarakat Tasikmalaya sekaligus meresmikan pengaktifan Skadron Pendidikan (SKADIK) 103 Penerbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) alias Drone Tempur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

    Peresmian SKADIK 103 Drone Tempur diawali dengan Upacara Resmi Militer, lalu kemudian KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memijit tombol tanda resminya beroperasi SKADIK 103 Wingdik 100 /Terbang.

    BACA JUGA: Rangsang Wisatawan, Pemkot Tasikmalaya Gencarkan Program Katasik

    KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, hari ini secara resmi saya resmikan SKADIK 103, sehingga sudah mulai beroperasi.

    “terhitung hari ini Selasa (22/08/23), Skadron Pendidikan 103 Wingdik 100 / Terbang, mulai beroperasi sebagai pendidikan penerbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) atau Drone Tempur,” kata Marsekal Fadjar Prasetyo di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Selasa (22/08/23).

    Dijelaskan, SKADIK 103 ini akan dibawa naungan Wingdik 100 Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, dan merupakan satuan pelaksana Pendidikan Lanud Adisucipto.

    “beroperasinya Skadik 103 ini, tentu akan menunjukkan eksistensi TNI AU melalui berbagai operasi maupun penugasan penting di segala penjuru tanah air,” katanya.

    Menurutnya, pengoptimalan operasional Skadik 103 sebagai PTTA sangat penting untuk mewujudkan agar TNI AU mampu disegani di kawasan.

    “di dunia militer saat ini, diperlukan kemampuan yang modern, karena kita berada di masa pertempuran modern, sehingga peranan PTTA sangat dibutuhkan dalam perang modern,” katanya.

    BACA JUGA: Atasi Kemiskinan, Ditjen Kementerian PUPR Datangi Kota Tasikmalaya

    Seiring dengan itu, Marsekal Fadjar Prasetyo menyebutkan, secara bertahap Skadik 103 kedepannya akan dilengkapi berbagai fasilitas sesuai kemajuan dan perkembangan teknologi Alutsista.

    “kesiapan personel maupun kesiapan alutsista yang kita miliki seperti Skadik 103 ini, tentu TNI AU mampu melaksanakan tugasnya dengan cepat dan tepat,” ujar dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img