spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Jaga Ketahanan Pangan, Polri dan TNI Olah Lahan Kritis di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Polres Ciamis dan Kodim 0613/Ciamis olah lahan kritis yang berada di Lemah Neundeut Desa Tanjungjaya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Lahan tersebut ditanami jagung untuk ketahanan pangan. 

    Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, pihaknya bersama TNI bekerjasama untuk memanfaatkan lahan tidur atau afdeling yang kritis tidak dimanfaatkan. Maka dipilih lah jagung sebagai bentuk menjaga ketahanan pangan nasional.

    “Kami jajaran Polres  bersama Kodim 0613/Ciamis selalu solid mendukung setiap program kerja masing-masing instansi yang mana semua tujuannya untuk kepentingan masyarakat. Karena ini sudah menjadi bagian dari pada tugas pokok dan fungsi Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” katanya Kamis (8/3/2023).

    BACA JUGA: Juragan Ciamis Deklarasikan  Kemenangan Ganjar Pranowo

    Sementara itu Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi menjelaskan, kegiatan penanaman benih jagung tersebut merupakan program peningkatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan pertanian.

    “Lahan ini merupakan milik Pemerintah dan masih kosong sehingga berpotensi untuk dijadikan pengembangan sektor pertanian,” ucapnya.

    Wahyu melanjutkan, pembukaan lahan tidur tersebut sebagai upaya dalam membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan serta mengentaskan kemiskinan.

    “Kami akan memanfaatkan lahan ini sebaik mungkin dengan menanam jagung, setelah nanti panen, hasilnya akan dibagikan kepada masyarakat,” katanya.

    Wahyu menambahkan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ciamis.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Berikan Bantuan untuk Pembangunan Ponpes

    “Kami akan selalu berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian mulai awal penanaman hingga panen agar mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar dia. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img