spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Tips Merawat Kulit Tetap Sehat di Luar Ruangan ala MS Glow

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bagi sebagain masyarakat yang berkerja di luar ruangan, merawat kulit dan tubuh adalah hal paling ribet. Padahal di kondisi alam seperti ini perawatan kulit tubuh terutama wajah cukup penting.

    Dokter MS Glow Aesthetic Clinic dr Elang Muhammad Firdaus mengatakan, paparan sinar matahari bisa berdampak negatif dan positif untuk tubuh.

    Dampak positifnya tubuh rilex dengan jalan pagi ditambah udara masih segar, begitupun paparan sinar matahari yang hangat mengandung vit D yang bisa memperbaiki imun tubuh serta memperkuat tulang.

    BACA JUGA: 9 Cara Agar Kulit Wajah Tidak Cepat Kriput

    “Negatifnya paparan sinar matahari berbahaya bagi kulit terutama UV E dan UV B, itu aging prosee di wajah kita. Bila sudah umur 20-25 tahun tanpa perlindungan kulit akan terlihat lebih tua dari usia sebetulnya, atau penuaan dini, kulit kebakar, terjadi flek, dan paling bahaya bisa terjadi kanker kulit kalau tidak dilindungi dari sekarang,” kata Elang seusai talkshow seputar cara merawat kulit tubuh di Klinik MS Glow Jalan Lombok Kota Bandung, Minggu (30/7/2023).

    MS Glow
    Dokter MS Glow Aesthetic Clinic dr Elang Muhammad Firdaus Saat Talkshow Seputar Cara Merawat Kulit Tubuh di Klinik MS Glow Jalan Ambon Kota Bandung Jabar Minggu (yusuf)

    Tidak hanya paparan sinar matahari, asap kendaraan pun bisa menghasilkan zat aktif yang merusak kulit jika mengenai wajah.

    “Juga terjadi dehidrasi misal berkeringat mengakibatkan tubuh kurang cairan, kondisi panas hujan berangin seperti ini juga bikin kulit pecah-pecah atau inslamasi peradangan atau perdarahan. Begitupun saat bersepeda dan lari, hati-hati gunakan pelembab tambahan, itu mudah iritasi,” kata dia.

    Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah dan tubuh dari bahaya paparan sinar matahari?

    Pertama gunakan suncreen untuk proteksi awal dari paparan sinar matahari. Lalu sckincare anti aging karena sinar matahari merusak kolagen.

    “Kolagen itu berperan penting pada kulit, jika ada kerutan dikit kulit jadi tidak kencang,” kata dia.

    MS Glow
    Seorang pelanggan tengah melakukan perawatan wajah di MS Glow (Yusuf)

    Lalu gunakan retinol yang memiliki kandungan anti oksidan, vitamin C dan E yang dapat menghindari pembakaran atau burning agar kulit cerah dan bisa menangkal radikal bebas.  Selanjutnya gunakan pelembab buat tubuh atau hidrasi supaya kulit tetap moist atau lembab.

    “Nutrisi tubuh kita selain dari suncreen dan skincare juga dari apa yang dikomsumsi sebagai proteksi dalan tubuh, misal makan kacang buah sayuran, jangan banyak gula dan tepung. Yang penting juga jangan kurang tidur itu membuat kita tidak ada waktu memperbaiki diri, sehingga terlihat kusam dan tidak cerah,” kata Elang.

    dr Elang juga membagikan tahapan penggunaan suncreen yang benar, yakni gunakan suncreen SPF 30, lalu oles suncreen 2 ruas jari pada wajah dan leher. Gunakan 20 menit sebelum keluar, bagi yang sering aktifitas diluar gunakan per 2 jam, sebelumnya dibasuh air atau tisu basah. Dan gunakan 40 menit sekali untuk yang sedang lari atau berrenang, kemudian gunakan pelindung tambahan seperti topi, kacamata, masker.

    Pada kesempatan yang sama, Branch Manager MS Glow Aesthetic Clinic Tiar Septa Novalia menceritakan bahwa MS Glow sudah ada sejak tahun 2013 dan resmi tahun 2017.

    “Awalnya di Kota Malang sekarang sudah ada di 15 kota. Sekarang ini perawatan kulit wajah menjadi penting karena dengan kulit wajah yang sehat glowing membuat penampilan menjadi lebih percaya diri,” kata Tiar.

    Tiar pun menyampaikan segala keluhan jenis kulit bisa diberikan solusinya di kliniknya ini, pasalnya semua jenis treatment atau perawatan sudah uji klinis.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img