spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    2 Petani Milenial Ciamis Sabet Penghargaan Provinsi Jabar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dua orang petani milenial asal Kabupaten Ciamis berhasil menyabet dua kejuaraan Expo Pangan dan Kontes Ternak 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

    Kegiatan tersebut digelar di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Kabupaten Sumedang, Sabtu (22/7/2023).

    BACA JUGA:

    Pedagang Ayam Potong di Tasikmalaya Menjerit

    Plt Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan, acara tersebut diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

    Hal itu sebagai salah satu upaya dukungan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dan PMK dalam mendorong kemandirian pangan menuju Jabar Juara.

    “Perwakilan 2 petani asal Kabupaten Ciamis ini berhasil menyisihkan pesaingnya dari kabupaten dan kota lain,” katanya, Minggu (23/7/2023).

    Mereka adalah, Multajam (Ketua Kelompok Sri Rezeki Utama Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok) sebagai juara ke II kategori petani milenial komoditas sapi potong dan Wawan Herawan asal Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya juara 2 kontes ayam sentul kategori ratu bibit umur 9-12 bulan.

    BACA JUGA:

    Dekopinda Ciamis Pamerkan Hasil UKM

    “Kedua orang petani milenial asal Ciamis telah berhasil menorehkan prestasi di tingkat Jawa Barat,” katanya.

    Menurut Ani, tujuan ikutserta dalam kegiatan tersebut di antaranya, melestarikan dan mengembangkan plasma nutfah Jawa Barat Domba Garut, Ayam Sentul dan meningkatkan jejaring usaha serta kemitraan antara pelaku usaha peternakan.

    Ani menjelaskan, kegiatan yang diikuti tersebut juga sebagai penghargaan dan memotivasi pelaku bidang usaha peternakan dalam penyediaan bibit dan budidaya yang bermutu dan berdaya saing.

    BACA JUGA:

    “Keikutsertaan mereka juga sebagai evaluasi pembangunan ketahanan pangan, peternakan dan meningkatan pelayanan bidang ketahanan pangan serta peternakan,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img