spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    Turunkan 20 Atlet di Kejurnas Angkat Besi, Jabar Incar 17 Kuota PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat siap tampil maksimal pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Senior tahun 2023 sekaligus babak kualifikasi PON XXI. Sebagai tuan rumah, Jabar bertekad meraih titel terbaik sekaligus meloloskan atlet di semua nomor yang diikuti pada gelaran multieven olahraga nasional edisi ke-21 tersebut.

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Jabar, Edy Kusmawan mengatakan, Jabar mengirimkan full team sebanyak 20 atlet yang terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putra. Mereka akan bertandingan di 17 kelas yakni 9 kelas di kelompok putri dan 8 kelas di kelompok putra.

    “Kita tidak mengikuti semua kelas yang totalnya berjumlah 20 kelas. Ada beberapa kelas tertentu yang memang kita tidak memiliki atlet, terutama di kelas-kelas besar baik di putra maupun putri,” kata Edy saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Kejurnas Angkat Besi Senior 2023 di GOR Saparua Kota Bandung, Rabu (19/7/2023).

    fokusjabar.id angkat besi PON XXI
    Windy Cantika Aisah melakukan angkatan clean & jerk di kelas 55 kg putri. (FOTO: Ageng)

    Dari 17 kelas yang diikuti, kata Edy, pihaknya menargetkan bisa memaksimalkan jatah untuk tampil di PON XXI. Pihaknya pun akan berupaya semaksimal mungkin untuk bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya sehingga tidak hanya lolos menuju putaran puncak di PON XXI.

    “Kita akan berupaya juga meraih medali, tapi minimal bisa lolos PON XXI saja dulu. Ketentuannya, setiap atlet yang menempati posisi 6 besar di setiap kelas dinyatakan lolos ke PON XXI,” Edy menerangkan.

    Untuk persaingan di cabang olahraga angkat besi, Edy mengaku jika semua daerah memiliki peluang yang sama dengan kekuatan yang merata. Apalagi, atlet-atlet penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) angkat besi Indonesia pun ikut serta pada kejurnas kali ini.

    “Saat ini, kekuatan setiap daerah cukup merata. Tidak hanya di Jatim, Jambi, Lampung, atau DKI Jakarta, tapi juga provinsi lain memiliki jagoan mereka masing-masing di setiap kelas. Intinye, kita sudah berikhtiar secara maksimal melalui persiapan yang dilakukan, semoga bisa lancar dalam mencapai target,” kata Edy.

    fokusjabar.id angkat besi PON XXI
    Windy Cantika Aisah meraih medali emas kelas 55 kg putri pada Kejurnas Angkat Besi Senior 2023. (FOTO: Ageng)

    Sementara hingga hari kedua pelaksanaan kejurnas, Rabu (19/7/2023), tim angkat besi Jabar satu medali emas, tiga perak, dan dua perunggu. Satu medali emas bagi Jabar disumbangkan Windy Cantika Aisah dari kelas 55 kg putri usai meraih total angkatan 190 kg dari hasil angkatan snatch 83 kg dan clean & jerk 107 kg.

    Tiga medali perak disumbangkan Najla Khoirunnisa dari kelas 49 kg putri dengan total angkatan 144 kg, lalu di kelas 59 kg putri atas nama Sarah dengan total angkatan 198 kg, dan Muh. Nur Fuad Jamal dari kelas 67 kg putra usai meraih total angkatan 277 kg. Sedangkan dua medali perunggu diraih Satrio Adi Nugroho di kelas 55 kg putra usai meraih total angkatan 250 kg dan Leonardo Adventino G dengan total angkatan 259 kg di kelas 61 kg putra.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img