spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Kota Bandung Dukung Penerbangan Bandara Husen Dialihkan ke Kertajati

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mendukung kebijakan pemerintah mengalihkan penerbangan pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

    Tedy pun meyakini, pemerintah pusat maupun Kota Bandung menyiapkan berbagai hal yang menunjang kemudahan perjalanan dari Bandung Raya ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya.

    BACA JUGA:

    PT Pos Indonesia Dipercaya MA untuk Pengiriman Dokumen Penting

    “Kelangsungan jasa pariwisata di kota Bandung terkena dampak pada masa transisi pengalihan layanan penerbangan pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati. Namun, pemerintah pusat maupun Kota Bandung bakal menyiapkan berbagai hal. Kami yakin akan hal itu,” kata Tedy Sabtu (15/7/2023).

    Tedy berharap, pemerintah pusat maupun Kota Bandung terus menyosialisasikan kebijakan ke berbagai pihak, terutama pelaku jasa pariwisata di Kota Bandung.

    Guna memberi kepastian kepada wisatawan maupun pelaku jasa pariwisata, pihaknya berharap Kementerian Perhubungan, dan PT Angkasa Pura menerbitkan surat edaran.

    BACA JUGA:

    Dapat 2 Ribu Pengaduan, Ridwan Kamil Minta PPDB Dievaluasi

    “Kebijakan itu mulai berlaku per 1 Oktober 2023. Itu untuk penerbangan dengan pesawat jet. Sementara itu berdasarkan informasi, penerbangan dengan pesawat baling-baling masih tersedia di Bandara Husein Sastranegara, paling tidak satu tahun. Informasi itu perlu sampai ke masyarakat dan pemangku kepentingan guna memberi kepastian,”katanya.

    Menurutnya, kepastian merupakan hal penting untuk menjaga tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Bandung. Selain itu, perlu ada angkutan pengumpan dari Bandung Raya ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya.

    “Pernah ada bus feeder dari dan ke BIJB Kertajati yang dikelola DAMRI. Semoga, bus itu kembali beroperasi, apalagi ada rute khusus.

    Masyarakat Kota Bandung maupun wisatawan yang melakukan perjalanan dengan pesawat jet pun peroleh fasilitas itu,”ucapnya.

    Tedy menambahkan, tol Cisumdawu bakal beroperasi penuh pada Oktober 2023, jarak tempuh perjalan darat dari Kota Bandung ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya cukup satu jam, bahkan bisa lebih cepat.

    Kondisi serupa terpantau terus berjalan di daerah lain, misal Daerah Istimewa Yogyakarta.

    “Wisatawan yang hendak ke Yogyakarta masih banyak yang melalui Bandara Adisutjipto di Kabupaten Sleman. Belum saatnya mengkhawatirkan dampak pengalihan penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati akan tingkat kunjungan wisatawan Kota Bandung,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img