spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Rajai Cabor Renang Popda XIII Jabar, Raih 5 Medali Emas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung berhasil merajai pertandingan cabang olahraga renang pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Barat yang digelar di Kolam Renang Prestasi KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu (1/7/2023). Dari 12 nomor yang dipertandingkan, Kota Bandung berhasil meraih 5 medali emas, 1 perak, dan 4 perunggu.

    Lima medali emas yang diraih Kota Bandung disumbangkan dari nomor 400 M Gaya Bebas Putri dan 200 M Gaya Ganti Perorangan Putri atas nama Fenesia Cleopatra Hutapea. Kemudian dari nomor 200 M Gaya Punggung Putra atas nama Ariel Dzikri Nugraha.

    Untuk dua medali emas terakhir di hari pertama pertandingan, diraih dari nomor 4×100 M Gaya Bebas Estafet. Kota Bandung berhasil mengawinkan medali emas pada nomor estafet tersebut.

    fokusjabar.id Popda XIII Jabar renang
    Pertandingan cabang olahraga renang Popda XIII Jabar. (FOTO: Ageng)

    Untuk kelompok putri, medali emas bagi Kota Bandung di nomor 4×100 meter gaya bebas disumbangkan quartet atlet atas nama Faiza Zalika Revana Yunus, Fenesia Cleopatra Hutapea, Kayla Nadia Shafa, dan Nadia Aisha Nurazmi. Sedangkan untuk kelompok putra diraih atas nama Ariel Dzikri Nugraha, M. Mecca Akbar Firmansyah, Mochammad Reyhan Damnawan, dan Satria Maulana Aldeyana.

    Tiga medali emas lain di cabang olahraga renang pada hari pertama, Sabtu (1/7/2023), diraih Muhammad Zidane. Zidane berhasil menyumbang tiga medali emas bagi Kota Depok dari nomor 200 M Gaya Dada Putra, 100 M Gaya Kupu-Kupu Putra, dan 400 M Gaya Bebas Putra

    Kemudian empat medali emas lain, masing-masing diraih Kota Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sumedang. Nicolle Callysta Phiong menyumbangkan medali emas bagi Kota Sukabumi dari nomor 200 M Gaya Punggung Putri.

    Lalu Kezeea Octavia Damayanti di nomor 50 M Gaya Dada Putri bagi Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten Bekasi meraih medali emas di cabang olahraga renang di nomor 50 M Gaya Dada Putra atas nama Emirshah Aflach Fadhil dan Kabupaten Sumedang meraih medali emas melalui atletnya Mutiara Shafira Islami Putri dari nomor 100 M Gaya Kupu-Kupu Putri.

    BACA JUGA: Luis Milla Antusias Menyambut Liga 1 Musim 2023-2024

    fokusjabar.id Popda XIII Jabar renang
    Upacara penghargaan pemenang pada cabang olahraga renang Popda XIII Jabar. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Bandung, Dicky N. Wijaya mengaku bersyukur dengan pencapaian para atlet pada pertandingan hari pertama. Hal ini menunjukkan jika program pembinaan berkelanjutan cabang olahraga renang di Kota Bandung berjalan cukup baik.

    “Alhamdulilah, sejauh ini masih on the track terhadap game plan yang kami rencanakan. Bagi kami ajang Popda ini sangat penting untuk kaderisasi atlet guna tampil di ajang selanjutnya yakni Porprov maupun PON,” kata Dicky didampingi Manager Tim, Achmad Septiandi saat ditemui di sela-sela pertandingan di Kolam Renang Prestasi KONI Jabar, komplek SOR Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (1/7/2023).

    Pada ajang Popda XIII Jabar, lanjut Dicky, pihaknya menargetkan untuk tampil sebagai juara umum di cabang olahraga renang. Dari total 36 nomor yang dipertandingkan, atlet-atlet renang Kota Bandung ditargetkan untuk meraih medali emas di 50 persen nomor yang dipertandingkan.

    “Kita memiliki potensi untuk itu dan semua atlet punya peluang meraih medali emas di setiap nomor yang dipertandingkan. Kita berharap bisa meraih minimal 20 medali emas,” Dicky menuturkan.

    Untuk Popda XIII Jabar, tim renang Kota Bandung diperkuat 20 orang atlet. Terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri untuk berlaga di semua nomor yang dipertandingkan.

    “Potensi untuk meraih emas ada di hampir semua nomor. Baik di gaya bebas, punggung, dada, hingga estafet. Kita berharap, atlet-atlet yang meraih prestasi di Popda XIII Jabar ini bisa mendapatkan apresiasi dan kemudahan kedepan sehingga mampu menunjang proses pembinaan,” Dicky menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img