spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    HUT ke-64 Menwa Mahawarman: Bersinergi Dukung Pertahanan Negara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Upacara peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jawa Barat berlangsung khidmat di Kampus IV Universitas Pasundan, Jl. Dr. Setiabudhi No. 193, Bandung, Minggu (25/6/2023).

    Peringatan bertema “Sinergi Meningkatkan Eksistensi Mahawarman” menjadi momentum penting untuk merefleksikan kembali tujuan pendirian Menwa, serta mendorong peran Menwa dalam mendukung pertahanan negara.

    BACA JUGA: Kota Bandung Optimis Bisa Peroleh Kembali Predikat Nindya untuk KLA

    Komandan Menwa Mahawarman Jabar Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. menyebut, peran Menwa diatur dalam UU Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

    “Dalam UU tersebut, terdapat tiga komponen, yaitu komponen utama TNI-Polri, komponen pendukung dari warga sipil terlatih, dan komponen cadangan yang salah satunya diwakili Menwa,” tuturnya.

    Kendati turut ambil bagian sebagai komponen cadangan, namun di dalam kampus Menwa tetap berstatus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sehingga pembinaan Menwa langsung di bawah Rektor.

    Markas komando satuan Menwa juga bertempat di perguruan tinggi pada kesatuan masing-masing.

    Selaku komponen cadangan, Menwa diberikan pelatihan kemiliteran berupa penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri dan senam militer, penyamaran, hingga navigasi.

    BACA JUGA: Sengketa Kebun Binatang, Satpol PP Kota Bandung Digugat

    “Aktivitas bela negara yang bisa dilakukan Menwa cakupannya luas. Masyarakat seringkali menganggap bahwa bela negara harus ‘angkat senjata’, tetapi sebenarnya disesuaikan dengan proporsi di tiap institusi,” jelasnya.

    Di lingkungan kampus, bela negara dapat diwujudkan dengan menyelesaikan studi tepat waktu dan membantu program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

    “Setelah menuntaskan studi, mereka diharapkan mampu berkontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” sambungnya.

    Tambah Anggota, Tingkatkan Konsolidasi

    Hingga saat ini, sudah ada 43 perguruan tinggi mencakup PTN dan PTS di Jabar yang bergabung menjadi anggota organik Menwa Mahawarman. Dalam waktu dekat, akan bertambah 4 perguruan tinggi dari wilayah Ciayumajakuning, Bogor dan sekitarnya (3), Sukabumi (2), dan Karawang (2).

    “Ketika saya dilantik, hanya ada 9 perguruan tinggi yang tergabung. Institut Pertanian Bogor (IPB) juga akan segera bergabung. Dengan bertambahnya anggota, konsolidasi akan semakin meningkat,katanya.

    Rangkaian peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jabar juga dimeriahkan dengan lomba regu tangkas yang diinisiasi Batalyon 6 Gabungan. Lomba regu tangkas diikuti 65 anggota yang terbagi menjadi 13 regu.

    Juara 1 diraih Detasemen Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, juara 2 Batalyon 11 Universitas Pendidikan Indonesia, dan juara 3 Batalyon 6 Gabungan.

    Pertengahan Juli mendatang, akan diselenggarakan mahir menembak bagi anggota organik dan alumni.

    Peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jabar diakhiri dengan kemeriahan atraksi drumband Gema Aero Dirgantara Universitas Nurtanio dan foto bersama seluruh personil.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img