spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Peserta Pelatihan Kerja Disnaker Ciamis Targetkan 2 Resep Makanan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas tenaga kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis Jawa Barat menggelar program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja di beberapa kecamatan Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendidik dan melatih bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi yang bersumber dari program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

    BACA JUGA: bank bjb Konsisten Dukung Pembangunan di Ciamis

    Salah satunya di kecamatan Banjarsari yang di laksanakan di Aula Desa Cicapar yang mencakup dua Desa yakni Desa Ciulu dan Desa Cicapar dengan kejujuran tata boga selama 10 hari dengan 25 peserta.

    Menurut Yuli Widianingsih, instruktur tata boga, selain meningkatkan kapasitas para peserta, kegiatan tersebut juga bertujuan agar bisa membantu perekonomian keluarga.

    BACA JUGA: Wagub Jabar Jenguk Siswi Korban Penganiayaan di Ciamis

    “Kalau untuk penyaluran tenaga kerja memang tidak, jadi mereka ini harus berwira usaha sendiri,” ucapnya saat di wawancarai Rabu, (21/6/2023).

    Memasuki hari ke lima kata dia, para peserta sudah bisa mencoba beberapa macam resep makanan dan satu hari para peserta mencoba dua resep.

    “Untuk hari ini mereka (peserta) sedang membuat ayam kentaki dan rice ball, sedangkan hari sebelumnya mereka sudah membuat beberapa aneka resep,” katanya.

    Sejauh ini, hasil makanan dari para peserta hanya untuk dikonsumsi sendiri karena keterbatasan kuota bahan baku.

    “karena disini kami hanya memberikan ilmu saja kepada mereka untuk selanjutnya supaya mereka bisa berwirausaha atau usaha mandiri,” ungkapnya.

    Menurut dia, seusai pelatihan di kegiatan tersebut para peserta mendapatkan fasilitas peralatan memasak, kaos dan, makan.

    “Selain itu dapat uang bengsin perhari sebesar Rp 50 Ribu,” katanya.

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img