spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Tenaga Linmas Kota Tasikmalaya Dilibatkan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) diberikan pembekalan tentang tugas dan fungsi dalam menjalankan tugasnya di masyarakat.

    Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan mengatakan, pembekalan tersebut untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

    Menurutnya, Linmas memiliki peran strategis dalam menciptakan dan mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman.

    “Tugas mereka sangat strategis. Mereka berperan penting dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif, aman dan bermartabat,” kata dia dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM di Kantor Kecamatan Mangkubumi, Rabu (31/5/2023).

    BACA JUGA:

    Pemprov Jabar Komitmen Terapkan Birokrasi Adaptif

    Ia menjelaskan, SDM mereka sudah sepatutnya perlu ditingkatkan guna mendukung keberhasilan dan kelancaran dalam membantu masyarakat.

    “Memang seharusnya Linmas perlu dioptimalkan perannya dalam menjaga ketertiban, keamanan, ketentraman lingkungan dan perlindungan masyarakat,” katanya.

    BACA JUGA:

    Bupati Garut Sambut Baik ICARE di 5 Kecamatan

    Menurutnya, Linmas juga menjadi bagian yang berkontribusi dalam membantu kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

    “Mereka menjaga lingkungan masyarakat dari berbagai gangguan keamanan dan ketertiban, menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat,” kata Iwan.

    Dia menambahkan, dalam pembinaan SDM linmas ini, bukan hanya penyampaian materi di ruangan, tapi mereka diberikan pelatihan simulasi menghadapi musibah kebakaran.

    “Jadi linmas ini tidak hanya sebatas membantu menjaga ketertiban lingkungan, tapi mereka juga dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan penanganan jika terjadi bencana seperti kebakaran di sekitar lingkungan masyarakat,” kata dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img