spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Libur Lebaran 2023, Kenaikan Okupansi Hotel di Sejumlah Daerah di Jabar Tembus 100 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Okupansi hotel di Jabar selama libur lebaran 2023 mencapai rata-rata 89 persen di 27 kabupaten kota, bahkan ada beberapa daerah okupansi hotel mencapai 100 persen. 

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar mengatakan, dengan okupansi yang mencapai rata-rata 89 persen, maka lonjakan kunjungan wisatawan ke Jabar melonjak signifikan. 

    “Dari hasil pantauan peningkatan kunjungan mencapai 50 persen, saya langsung melakukan kunjungan di beberapa daerah yaitu  Kabupaten Sumedang, Majalengka, Kuningan,” kata Benny. 

    BACA JUGA: Tingkatkan Keamanan, JQR Awasi Objek Wisata di Jabar

    Ia menuturkan, animo masyarakat untuk berwisata pada tahun ini cenderung meningkat dari tahun lalu.  Hal itu terlihat dari sebaran wisatawan yang relatif turut meningkat ditiap daerah

    “Jadi artinya animo masyarakat terhadap wisata ini itu besar, karena memang mereka tiga tahun kemarin tidak bisa kemana-mana karena kondisi pandemi,” ujar dia. 

    Akan tetapi kata dia, hari ini adalah momentumnya luar biasa. Sebagai contoh di Pemandian Cibulan, itu dari kapasitas 2000 itu bisa mencapai 4000. Jadi ada kenaikan sekitar 100 persen.

    “Untuk estimasi (data kunjungan) saya belum bisa menyampaikan hari ini karena data-datanya belum masuk. Tahun ini lebih membludak,” kata dia.

    BACA JUGA: Pj Wali Kota Tasikmalaya: ASN Tambah Libur Lebaran Disanksi

    Pantaun Libur Lebaran 2023 di Jabar

    Berdasarkan pemantauan sementara, kata Benny, Bandung Raya dan Bogor Raya masih jadi destinasi favorit wisatawan. Namun, tahun ini wisata di wilayah Cirebon mengalami kenaikan kunjungan yang signifikan.

    “Yang pasti Bandung raya, Bogor raya, itu sudah sangat jelas tinggi. Tapi ini yang luar biasanya justru di Cirebon Raya itu sangat signifikan peningkatannya dibandingkan dengan tahun kemarin,” kata Benny.

    Ia memprediksi, kunjungan wisata akan terus meningkat hingga akhir pekan ini seiring dengan masih liburnya siswa sekolah.

    “Ini akan terus terjadi sampai akhir Minggu ini. Jadi ini kemungkinan sampai tanggal 1 Mei akan terus ramai dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan,” ucapnya.

    Berita Terbaru

    spot_img