spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Polda Metro Siapkan 3 Rekayasa Lalu Lintas, Tol Bisa Gratis!

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan puncak arus balik Lebaran, yang diprediksi terjadi sejak 24 April 2023 hingga Selasa (25/4/2023).

    Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya dan stakeholder membagi arus balik menjadi tiga skema yaitu situasi hijau, kuning, dan merah.

    Situasi hijau ditandai dengan arus lalu lintas menuju Jakarta yang normal dan tidak ada antrean. Rekayasa lalu lintas diberlakukan di Gerbang Tol Halim dan Cikunir berlaku normal.

    “Gerbang Tol Halim dan Tol Cikunir diberlakukan normal, tidak ada rekayasa lalu lintas di arteri, petugas melakukan pengaturan dan penjagaan di gerbang-gerbang tol, seluruh off ramp dan traffic light sekitar off ramp,” ungkap Latif, Selasa (25/4/2023).

    Untuk skema situasi kuning, tandanya adalah kepadatan dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Dengan kondisi ini, maka akan diberlakukan rekayasa lintas one way dari kilometer 414 Kalikangkung hingga kilometer 47, dan selanjutnya diberlakukan contraflow kilometer 28.

    BACA JUGA: Jokowi Minta Pemudik Tunda Perjalanan Balik jika Tidak Ada Keperluan Mendesak

    “GT Cibitung, GT Cikunir dan GT Halim ditambah card rider. Seluruh off ramp dalam kota dan JORR (Cibatu, Cikarang, Cibitung, Tambun, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Pondok Gede, Halim, Tebet, Tegal Parang, Semanggi, Pulau Dua, Jati Asih, Jati Warna, Taman Mini, Cijantung, Pasar Minggu, Mampang, Fatmawati, Pondok Kelapa, Cakung Barat, Cakung Timur, Pulo Gebang, Cilincing) dilakukan pengaturan dan penjagaan maksimal,” kata Latif, melansir IDN.

    Selanjutnya untuk situasi merah, Latif menjelaskan, kondisi ini ditandai dengan kemacetan parah arus lintas yang membuat kendaraan tidak bergerak. Sama seperti situasi kuning, situasi rekayasa lalu lintas one way akan dilakukan kilometer414 Kalikangkung hingga kilomete r47 diberlakukan.

    Nantinya juga diberlakukan contraflow di kilometer 3.500. Jika terjadi antrean sepanjang dia kilometer maka tol akan digratiskan.

    “Seluruh off ramp dalam kota dan JORR dilakukan pengaturan dan penjagaan maksimal. Seluruh traffic light di sekitar off ramp memprioritaskan arus lalu lintas dari dalam tol. Seluruh gerbang tol menambahkan card rider dan bila terjadi antrean lebih dari 2 Km, maka tol digratiskan. Tol MBZ dari kilometer 47 sampai kilometer 10 dilakukan one way,” ujar Latif.

    Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya untuk sosialisasikan secara cepat pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) saat momen arus balik Lebaran 2023.

    Instruksi itu disampaikan Kapolri saat mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan Menteri Perhubungan (Menhub) melalui sambungan virtual pada Minggu (23/4/2023).

    “Dan kemudian tentu kita akan berusaha untuk melakukan sosialisasi secara cepat, apabila ada perubahan terkait dengan jadwal one way yang memang sudah diumumkan,” kata Sigit.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img