spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Profil Dito Ariotedjo, Menpora yang Dilantik Jokowi

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Dito Ariotedjo telah resmi dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023) sore.

    Pemilik nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu rupanya adalah salah satu staf khusus di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin Airlangga Hartarto.

    Dia menjadi staf khusus di sana sejak April 2022. Dito juga merupakan salah satu politisi muda dari partai Golkar, yang mana Airlangga merupakan Ketua Umum partai tersebut.

    Sebagai politisi muda, pria kelahiran 25 September 1990 itu pernah menjadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

    BACA JUGA: Jokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora

    Untuk diketahui, AMPI adalah organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui juga pernah menjadi Ketua Panitia HUT ke-58 Golkar pada 2022.

    Dito Ariotedjo adalah anak dari direktur utama PT Aneka Tambang Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

    Pria 32 tahun itu sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) dan pernah menjabat sebagai Ketua Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

    Politisi muda ini juga sempat aktif mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Tahun 2021, Dito bekerjasama dengan artis Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim, membentuk Rans Sport. Saat ini dia juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC dan Chairman RANS PIK Basketball.

    Sebagai calon Menpora, Dito pernah memegang tanggung jawab cukup besar di bidang olahraga. Dia pernah ditugaskan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia dalam perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

    Dito juga aktif di organisasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Di organisasi tersebut, dia dipercaya sebagai Ketua Dewan Penasihat ISSI DKI Jakarta.

    Latar belakangnya itu mungkin yang jadi pertimbangan Dito Ariotedjo dilantik sebagai Menpora baru menggantikan Zainudin Amali.

    Demikian profil Dito Ariotedjo, politisi muda dari Partai Golkar yang siap dilantik Jokowi menjadi Menpora sore ini.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img