spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Kejagung Dalami Kemungkinan Johnny G Plate jadi Tersangka Korupsi Kominfo

    JAKARTA,FOKUSJabasr.id: Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, pada Rabu (15/3/2023) mendatang.

    Johnny G Plate bakal diperiksa terkait kasus korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 2, 3, 4 dan 5 BAKTI Kominfo.

    Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejagung Kuntadi mengatakan, pihaknya jagung bakal mendalami Menteri Plate jadi tersangka.

    “Terkait dengan kapasitas beliau apakah jadi tersangka atau tidak, kita masih mendalami oleh katena itu hasil pemeriksaan pertama setelah kita evaluasi ternyata masih perlu dilakukan pendalaman-pendalaman, hari Rabu besok untuk cari bukti, konfirmasi alat bukti yang lain yang kita kumpulkan,” kata Kuntadi di Kejagung, Senin (13/3/2023).

    BACA JUGA: PPP Sebut Golkar Berpotensi Pindah Haluan ke Koalisi Gerindra-PKB

    Kuntadi menjelaskan, Sekretaris Jendral NasDem itu akan dimintai penjelasan terkait pengawasan dan pertanggungjawaban sebagai pengguna anggaran di Kominfo.

    “Dimana kita tahu, di dalam perkara ini, terdapat kemahalan dan kemahalan tersebut berasal dari hasil permufakatan jahat. Jadi kita ingin tahu sejauh mana sih fungsi-fungsi pengawasan itu dilaksanakan,” kata dia, melansir IDN.

    Selain itu, Kejagung juga akan mendalami sejauh mana perencanaan proyek BAKTI Kominfo dilaksanakan. Sebab, pembangunan BTS itu rencananya dilaksanakan untuk periode lima tahun berturut-turut.

    “Namun tanpa pensyaratan, pembangunan dilaksanakan dalam satu periode yaitu satu tahun, sehingga sebagaimana kita ketahui pelaksanaannya menjadi tidak sesuai dengan rencana,” ujarnya.

    Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Salah satunya merupakan Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Achmad Latif (AAL).

    Sementara sisanya yakni Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Galubang Menak, Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020 Yohan Suryanto.

    Selain itu Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment Mukti Ali dan Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan.

    Sejatinya proyek pembangunan menara BTS 4G Bakti Kominfo dilakukan untuk memberikan pelayanan digital di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    Dalam perencanaannya, Kominfo merencanakan membangun 4.200 menara BTS di pelbagai wilayah Indonesia. Akan tetapi para tersangka terbukti melakukan perbuatan melawan hukum dengan merekayasa dan mengondisikan proses lelang proyek.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img