spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kodam I/BB Kerahkan PRCPB ke Lokasi Bencana Longsor di Pulau Serasan Natuna

    MEDAN,FOKUSJabar.id: Kodam I/BB melalui Korem 033/Wirapratama mengerahkan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) dari Kodim 0318/Natuna dan Yonkomposit 1/Gardapati menuju lokasi bencana longsor di Desa Pangkalan, Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (6/3/2023).

    Demikian dikatakan Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin melalui Kapendam, Kolonel Inf Rico J Siagian. 

    BACA JUGA: Pangdam I/BB Bersama Kapoldasu Cek Pembangunan Venue F1H20 Danau Toba

    Kapendam menjelaskan, tim PRCPB yang berkekuatan 37 orang (12 personel Kodim 0318/Natuna dan 25 personel Yonkomposit 1/GP) berangkat menuju Pulau Serasan bersama rombongan Bupati Natuna, tim SAR dan BPBD dengan satu unit kapal milik Pemda dan satu unit kapal SAR KN Sasikirana.

    “Pengerahan personel bantuan kemanusiaan ini untuk mempercepat proses evakuasi dan pekerjaan tanggap darurat di lokasi bencana ,” ungkapnya.

    kodam i/bb fokusjabar.id
    Kodam I/BB Kerahkan PRCPB ke Lokasi Bencana Longsor

    Kapendam menambahkan, bencana longsor di Desa Pangkalan terjadi akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir sehingga menyebabkan lereng pebukitan longsor hingga menimbun perkampungan penduduk dan memutus jalan penghubung Kampung Astaka ke arah Koramil 0318-06/Serasan.

    kodam i/bb fokusjabar.id
    Personel Kodam I/BB saat evakuasi korban longsor

    “Sedikitnya 20 rumah penduduk tertimbun material tanah, 50 orang diperkirakan hilang. 11 orang di antaranya telah berhasil dievakuasi dalam kondisi tidak bernyawa serta empat orang luka. Kini Mereka telah mendapat perawatan di Puskesmas Serasan,” ungkap Kapendam.

    BACA JUGA: Pangdam I Bukit Barisan Apresiasi Prajurit Yonif 123 Rajawali

    Tim PRCPB, SAR dan BPBD yang diturunkan ke lokasi bencana difokuskan untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban yang diperkirakan masih tertimbun longsor, mendirikan posko darurat serta tempat penampungan sementara untuk warga mengungsi.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img