spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Soal Sampah, Ini Kata Wali Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, permasalahan sampah masih menjadi persoalan klasik yang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak.

    Pasalnya, kata dia, permasalahan sampah tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja. Melainkan semua pihak, khususnya masyarakat yang harus ikut terlibat dalam menyelesaikan persoalan sampah.

    “Persoalan sampah ini kan masalah klasik, yang harus diselesaikan serius oleh semua. Tidak bisa hanya pemerintah saja. Kita juga minta perilaku masyarakat. Tidak bisa dilakukan sendiri,” kata Yana Mulyana,di Kota Kandung Rabu (15/2/2023).

    BACA JUGA: Warga Banjar Sudah Bisa Nikmati Sarana Air Bersih

    Menurutnya, dalam penanganan sampah di Kota Bandung hanya diperlukan perilaku masyarakat.

    Masyarakat terlebih dahulu memilah-milah sampah sebelum berakhir di TPS.

    “Kalau dari kita, pembersihan dan sedimentasi sampah terus kita lakukan. Persoalan beberapa waktu lalu itu kan karena TPA Sarimukti ada kendala. Makanya persoalan sampah ini harus dimulai dari masyarakat. Seperti program Kang Pisman. Itu efektif,” ucapnya di Kota Bandung.

    Yana menyebut, teknologi incinerator dinilai saat ini paling efektif dalam mengurangi timbunan limbah. Namun dalam perjalanannya, teknologi tersebut mendapat banyak pertentangan dari sejumlah pihak.

    BACA JUGA: 20 PSK di Pangandaran Dipulangkan

    “Metode penyelesaian cepat pasti incinerator. Tetapi ada anggapan tidak ramah polusi. Tetapi saya menilai teknologi ini kan sudah ada rekomendasi dari kementerian lingkungan hidup. Kita sudah berjalan di tingkat RW, dan itu lumayan selesaikan masalah,”ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img