BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemilihan nama brand menarik dalam membangun perusahaan atau bisnis memang harus selektif. Namun terkadang hal yang terlihat sederhana ini justru terasa sulit saat mengalaminya, karena tentunya, brand akan menjadi bagian dari identitas suatu perusahaan.
Brand akan berpengaruh terhadap kesuksesan suatu perusahaan atau bisnis. Brand yang baik dan menarik akan membentuk persepsi orang lain dalam memandang perusahaan. Intinya, akan berpengaruh pada citra perusahaan, mendukung proses branding nya serta membantu konsumen lebih mengenal dan mengingat produknya.
Untuk itu, ada beberapa tips memilih dan membuat nama brand menarik agar bisnis semakin maju.
1. Simpel Namun Unik
Nama brand yang singkat dan unik akan mendatangkan banyak keuntungan karena konsumen akan mudah mengingat dan menyebut nama brand tersebut
Tentunya, unik bukan berarti harus panjang tetapi harus simpel dan menarik. Pemilihan nama yang panjang justru akan lebih susah untuk mengingatnya. Untuk itu buatlah 1-2 suku kata sederhana saja.
Membuat brand dengan singkatan rupanya kurang direkomendasikan, karena tidak setiap singkatan membawa kesan simpel dan unik. Namun terkadang malah membawa kesan lebih rumit mengenalnya.
2. Tidak Mirip dan Belum Pernah menggunakannya
Membuat nama brand, sebaiknya menghindari kemiripan dengan brand lain. Karena hal itu bukan membuat orang mengenal brand dengan cepat, namun justru branding produk atau perusahaan akan terpandang rendah.
Selain itu, Mencari nama yang baru dan bebas hak paten adalah kunci utama dalam membuat nama brand karena brand akan berfungsi sebagai alat pengenal dan pembeda suatu produk.
Survey untuk mengecek apakah nama brand Anda belum terpakai, Anda bisa mengecek di halaman Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual. Sedangkan untuk mengujinya dapat mencarinya dengan bantuan mesin pencarian Google.
3. Mudah Mendengarnya dan Mengucapkannya
Nama brand yang kita pilih harus memastikan mudah untuk mendengarnya dan mudah untuk mengucapkannya. Tentunya menyesuaikan dengan karakteristik orang-orang yang menjadi target marketnya.
Menghindari pemilihan nama brand yang sulit cara bacanya dan maknanya tidak mudah memahaminya, juga menggunakan bahasa asing adalah kunci untuk mengantisipasi agar brand yang kita buat tidak mudah orang lain melupakannya.
Baca Juga: Interpersonal Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja, Simak Penjelasannya
4. Bermakna Positif dan Mencerminkan Produk
Pemilihan nama dengan makna yang positif akan memengaruhi kemajuan bisnis. Ibaratnya brand sebagai doa yang menyimpan banyak harapan agar bisnis Anda juga dapat berkembang dengan pesat, sesuai dengan nama yang kita berikan.
Selain itu, nama brand juga sebaiknya mencerminkan produk bisnis dengan baik dan menyesuaikan dengan target marketnya agar memudahkan proses branding dan pengenalan bisnis pada masyarakat.
5. Ciptakan Koneksi Dengan Pelanggan
Jika berniat membuat nama brand baru untuk menggantikan brand yang lama, sebaiknya ciptakan koneksi dengan pelanggan agar pelanggan merasa terlibat dan menganggap sebagai teman bukan target pasar.
Selain itu, pemilihan nama brand usahakanlah untuk mempererat koneksi dengan pelanggan, bukan malah menghilangkan pelanggan yang sebelum-sebelumnya.
Itulah beberapa tips dalam membuat nama brand untuk suatu produk atau pun perusahan bisnis. Jika belum yakin pastikan berkonsultasi kepada pihak yang bisa membantu ya.
(Gita Yulia/Erwin)