spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Tegaskan Bacaleg Tak Asal Nyalon

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Sejak sekitar awal November 2022 lalu, DPC Demokrat Kabupaten Tasikmalaya membuka ruang kepada para kader partai maupun eksternal  yang ingin bergabung, serta siap maju dalam bursa Pileg 2024.

    Luput dari sorotan media, namun DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya nyatanya telah mendulang animo masyarakat yang sangat tinggi.

    Hingga saat ini,  secara kuantitatif jumlah bakal calon legislatif (Baceleg) untuk di tujuh Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Tasikmalaya, sudah melebihi kuota.

    BACA JUGA: Disporabudpar Kota Tasikmalaya Susun Agedan Event untuk Tarik Kunjungan Wisata

    Meskipun jika dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, Bacaleg didominasi oleh laki-laki. Sedangkan Bacaleg dari kalangan perempuan, sampai saat ini untuk di masing-masing Dapil, masih belum memenuhi syarat 30 persen keterwakilan.

    “Di setiap Dapil rata-rata kurang dari dua Bacaleg perempuan. Tetapi ada dua Dapil yang hanya kurang satu Bacaleg keterwakilan perempuan,” kata Ketua DPC Partai Demokrasi Kabupaten Tasikmalaya, Ferry William, ST, MM, Minggu (5/2/2023).

    Menurutnya, meskipun dari sisi jumlah Bacaleg laki-laki sudah melebihi mutan/kouota, Demokrat masih tetap membuka ruang bagi siapapun yang akan maju di Pileg 2024, dengan tetap mengacu kepada prinsip-prinsip yang sudah ditentukan partai. 

    “Artinya secara kualitatif besar, dan kuantitatifnya diprioritaskan. Dengan kata lain orang tidak asal nyalon, tetapi kekuatannya  terukur baik segi kualitas, kapasitas, tujuan maupun hal-hal lainnya. Sehingga ada kejelasan masing-masing Bacaleg secara personal. Caleg nanti bukan sekedar pelengkap untuk memenuhi kuota,” ujar Ferry Wilyam. 

    Dia menambahkan, dari lima anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dua diantaranya sudah dipastikan akan kembali mencalonkan ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya. 

    Sementara untuk tiga orang anggota legislatif lainnya, saat ini masih belum memberikan kepastian. Salah satu dari ketiga orang tersebut kemungkinan maju ke pusat. 

    “Dua kader kami yang saat ini anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, sudah masuk dalam sistem informasi pencalonan (Silon). Dua orang lagi belum mengembalikan formulir. Sedangkan yang satu lagi kemungkinan melaju ke bursa DPR RI,” tutur Ferry.

    Dia meyakini, semua anggota Fraksi Demokrat  memahami rambu-rambu partai serta tetap memiliki jiwa korsa untuk membesarkan partai dan memenangkan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 mendatang.

    Ferry menambahkan, animo masyarakat yang akan melaju pada bursa pencalonan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan memilih Partai Demokrat, mengalami trend meningkat dari waktu ke waktu.

    BACA JUGA: Mulai Besok (6/2), 1.131 Atlet Bulutangkis Unjuk Gigi di Sirnas A Jabar 2023

    Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh, kondisi partai di bawah kepemimpinan Mas AHY yang memang mengalami perkembangan yang signifikan. 

    “Demokrat ini  partai oposisi. Hasil survei per triwulan, grafiknya terus meningkat. Kita bersaing ketat dengan tiga partai besar koalisi. Ya mudah-mudahan ini jadi pertanda bahwa Demokrat menjadi partai harapan dan pilihan rakyat. Muaranya kita menang di Pemilu 2024 nanti,” kata Ferry Wilyam.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img